RSUD Asy-Syifa Terapkan Layanan Berbasis Online (SIM RS)

oleh -39 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (22/11/2017)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus mengoptimalisasi layanan kesehatan. Hal ini menyusul telah dibukanya layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) berbasis online mulai November 2017 ini.

Direktur RSUD Asy-Syifa, dr. Carlof Sitompul, Rabu (22/11) mengakui telah dibukanya layanan SIM RS berbasis online guna mempercepat pelayanan di RSUD Asy-Syifa. Semua alat yang dibutuhkan sudah terpasang saat ini dan sedang dilakukan ujicoba untuk melihat kekurangan dan kelebihannya. Jika semua berjalan lancar dan tidak ada kendala, system layananan ini akan diluncurkan secara resmi. Meski diakui layanan berbasis online ini belum diluncurkan secara resmi, namun menurut dr Carlof—sapaan pejabat ramah ini, masyarakat sudah bisa menggunakan layanan tersebut. Untuk mendaftar dan melihat informasi terkait rumah sakit yang dipimpinnya, sudah tersedia aplikasinya di play store dengan website RSUD Assyifa.Co.Id. ketika tampilan halaman utama aktif untuk mempermudah akses, dibuat shortcut di halaman utama (sehingga tinggal klik saja untuk aktifkan informasi). Ini dibuat dengan cara saat tampilan layar utama sudah tampil, klik tombol : (tanda titik 3 di sebelah ujung kiri atas) pilih Add to home screen (tombol akan tampil di halaman utama).

Dari website juga bisa memasukan saran dan kritikan maupun keluhan terkait dengan pelayanan melalui alamat website tersebut. “Kalau mau daftar tidak perlu ke rumah sakit dulu, tapi cukup dari rumah melalui website RSUD supaya tidak lama menunggu.

Baca Juga  Olipia Bocah Hydrocepallus Dioperasi Setelah Hasil CT Scan

Kelebihan lain dari program SIMRS ini, lanjut Dokter Carlof, terkoneksi langsung dengan rumah sakit lain, seperti RSUP sehingga bisa berkomunikasi sebelum melakukan rujukan pasien. “Misalnya kita mau merujuk pasien ke RSUP, kita bisa nge-link lewat online untuk memastikan tersedianya kamar dan apakah ada dokternya. Sehingga pasien tidak lama menunggu, tinggal berangkat kamar sudah tersedia,” bebernya. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb