BOS Triwulan IV 474 Sekolah di Sumbawa Sudah Cair

oleh -4 views
Kasubag Tugas dan Perbantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Mohammad Husnul Alwan S.Ag

SUMBAWA BESAR, SR (20/11/2017)

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Triwulan IV sudah cair. Untuk dapat mencairkan dana tersebut, sekolah penerima harus melampirkan sejumlah persyaratan, salah satunya adalah mencantumkan SPJ BOS Triwulan III. Demikian diungkapkan Kasubag Tugas dan Perbantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Mohammad Husnul Alwan S.Ag, Senin (20/11).

Selain sekolah negeri, kata Ustadz Alwan—sapaan karibnya, pada triwulan IV ini ada beberapa sekolah swasta mulai dari jenjang SD sampai SMP yang mendapatkan dana BOS. Untuk jenjang SD terdapat 369 sekolah penerima terdiri dari 361 SD negeri, dan 8 SD swasta. Untuk tingkat SMP ada 105 total sekolah penerima meliputi 93 SMP negeri dan 12 SMP swasta.

Kemudian jumlah siswa penerima, sambung Ust Alwan, jenjang SD negeri mencapai 4577 orang dengan total dana BOS sebesar Rp 7,2 Miliar. Sementara jenjang SD swasta 1.442 siswa  dengan total dana BOS Rp 230.720.000. Sedangkan tingkat SMP siswa penerimanya 17.605 orang dengan dana BOS Rp 3,5 Miliar. Kemudian siswa SMP swasta ada 812 penerima dengan nilai dana BOS Rp 162.400.000.

Lebih lanjut Alwan menjelaskan selain dana BOS murni, di Triwulan IV ini juga ada dana kompilasi triwulan III dan IV yang diberikan kepada sekolah penerima. Dana kompilasi tersebut diberikan karena BOS yang ditransfer di triwulan III didasarkan jumlah siswa pada Triwulan II. Apabila jumlah siswa penerima di Triwulan III lebih kecil di triwulan II, maka di Triwulan IV ini akan dikurangi pencairannya sesuai angka real siswa yang ada saat ini. Begitu juga sebaliknya. “Bukan saja dana kompilasi, di triwulan IV ini ada juga dana kekurangan yang dicairkan,” sebutnya.

Baca Juga  TGB Road Show Resmikan Ponpes, Gandeng Mala Panji

Kekurangan ini terjadi lantaran ada beberapa sekolah yang belum sempat meng-update Dapodik siswanya, pada September lalu. Dana kekurangan tersebut tetap diterima oleh sekolah. Namun tidak sekarang atau saat pencairan dana BOS Triwulan IV melainkan Desember mendatang. “Yang dibayarkan kekurangannya ini untuk 1 SD negeri, 4 SMP negeri, 1 SD swasta dan 3 SMP swasta,” demikian Alwan. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb