Wujudkan Kecamatan Mumpuni, PATEN Dievaluasi

oleh -30 views
Drs H Muhammading M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2017)

Untuk mengetahui perkembangan dan upaya tindak lanjut penyelenggaraan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) Tahun 2017 di Kabupaten Sumbawa, serta ikhtiar mendekatkan pelayanan berkualitas kepada masyarakat secara efektif dan efisien,  Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Bagian Pemerintahan melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi PATEN pada Kamis (16/11).

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan PLH. Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muhammading M.Si menyampaikan bahwa salah satu upaya pemerintah guna mewujudkan kecamatan yang mumpuni dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan telah ditetapkan pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, dengan harapan kebijakan ini mampu memberikan penguatan terhadap akselerasi pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat. Selain itu optimalisasi peran kecamatan dalam membangun akses dan meningkatkan mutu pelayanan, sehingga pelayanan menjadi cepat, mudah, terjangkau, profesional sehingga mendorong terwujudnya kecamatan sebagai pusat pelayanan, dan simpul pelayanan (front office) bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sumbawa.

Disampaikan pula bahwa kebijakan yang telah ditetapkan adalah Surat Keputusan Bupati Sumbawa tentang penetapan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati Sumbawa kepada Camat se-Kabupaten Sumbawa untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dengan aspek jenis pelimpahan kewenangan terdiri atas perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan dan penyelenggaraan. Harapannya agar perangkat daerah komit untuk memberikan dukungan yang paripurna terhadap kecamatan dalam melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan tersebut dengan tetap mengedepankan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas. “Melalui kegiatan ini saya meminta kepada saudara-saudara agar memanfaatkan momen pertemuan ini untuk menyelesaikan dan membahas masalah-masalah terkait pelaksanaan PATEN di kecamatan maupun pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kecamatan serta membicarakan hal-hal lain yang terkait penguatan kecamatan melalui peningkatan peran, tugas dan fungsi kecamatan agar dapat diperoleh pemahaman bersama dan mencapai yang terbaik untuk daerah Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini,” pungkas Bupati.

Baca Juga  Pemprov NTB Dukung Pengesahan RUU Pemerintah Daerah Kepulauan

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Bagian Pemerintahan Drs. Adam Muhammad menyampaikan kegiatan itu diikuti oleh 75 orang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah Sekretariat, Inspektorat, Dinas/Badan dan kecamatan serta KOMPAK Wilayah Sumbawa. Penyampaian materi oleh PLH. Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Kepala Bagian pemerintahan. (*)

dukacita dukacita bankntb