Dana Desa Sumbawa 2018 Turun, DPMD Telusuri Penyebabnya

oleh -26 views
Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri M.Sc

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2017)

Kabupaten Sumbawa menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi NTB yang pengalokasian dana desa (DD) dari pemerintah pusat mengalami penurunan. DD yang diterima Kabupaten Sumbawa turun dari Rp 129,3 miliar lebih pada 2017 menjadi Rp 123,9 miliar pada 2018. Artinya ada sekitar Rp 6 miliar yang berkurang. Sejauh ini penyebab penurunan itu belum diketahui secara pasti. Hal inilah yang ditelusuri Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa.

Kadis PMD setempat, Dr. M Ikhsan Safitri M.Sc kepada wartawan Jumat (10/11) mengaku baru berkoordinasi dengan Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan informasi dari pihak BPKAD anggaran DD tahun 2018 Kabupaten Sumbawa mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017. Dimana jumlah yang akan diterima untuk tahun 2018 berkisar Rp 123 miliar.

Turunnya penerimaan DD ini tercantum dalam lampiran Perpres yang mengatur tentang dana desa. Tetapi dalam perpres tersebut tidak dijelaskan mengenai penyebab penurunan. Karena itu pihaknya akan menganalisis penyebab dari penurunan DD Kabupaten Sumbawa termasuk akan berkoordinasi dengan pihak provinsi dan pusat. “Kami harus bisa mengetahui dengan pasti apakah penurunan DD ini sebagai pinalti karena pelaporan yang belum baik atau justru karena partisipasi masyarakat dan pemerintah desa yang baik dengan adanya penggunaan sumber-sumber anggaran lain. Karena jika dibandingkan dengan kabupaten lain di NTB, dari informasi hanya Kabupaten Sumbawa yang mengalami penurunan. Inilah yang perlu kita analisis,” ujarnya.

Baca Juga  RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD) SUMBAWA (HABIS)

Seperti diberitakan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) NTB, Taukhid, SE, M.Sc.IB, MBA menyampaikan dana desa yang diperoleh NTB tahun 2018 mendatang mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017. Tahun 2018 dana desa yang diberikan kepada 8 kabupaten di NTB mencapai Rp 983,1 miliar lebih meningkat Rp 118,1 miliar lebih dari tahun 2017 yang hanya Rp 865 miliar lebih. Meskipun terjadi kenaikan, namun ada satu kabupaten yang justru dana desanya terjadi penurunan, yakni Kabupaten Sumbawa. Dana desa yang diterima Kabupaten Sumbawa turun dari Rp 129,3 miliar lebih pada 2017 menjadi Rp 123,9 miliar pada tahun 2018. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb