Pemda akan Fasilitasi KUR dan Krabat untuk Batu Lanteh

oleh -2 views
Kabag Ekonomi Irawan Subekti

SUMBAWA BESAR, SR (07/11/2017)

Harapan masyarakat di beberapa desa wilayah Kecamatan Batu Lanteh untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Sahabat (Krabat) bakal terwujud. Pasalnya keluhan mereka untuk mendapatkan perhatian pemerintah terkait hal itu direspon cepat. Hal ini dibuktikan dengan turunnya Tim Bagian Ekonomi Setda Sumbawa menemui masyarakat Batu Rotok, Tepal, Tangkampulit dan Bao Desa, belum lama ini.

Di hadapan masyarakat, Kasubag PPD dan ESDM Bagian Ekonomi, Andi Kusmayadi berjanji akan berkoordinasi dengan pihak perbankan dalam waktu dekat ini dan berharap ada keputusan. Pemerintah katanya harus hadir di tengah masyarakat termasuk mendukung dan memperjuangkan hajat hidup mereka dalam mengembangkan usahanya. Meski disadari akses ke wilayah Batu Lanteh sangat sulit untuk dilayani, namun tidak ada alasan ketika semua persyaratan terpenuhi. Kades Tangkampulit, Pairan dan Kades Bao Desa, Syafruddin dalam kesempatan itu sangat berharap adanya program tersebut, apalagi bisa diwujudkan dalam waktu yang cepat.

Sementara Kabag Ekonomi Sumbawa, Irawan Subekti yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Selasa (7/11), mengatakan, informasi mengenai KUR sudah disampaikan ke semua camat termasuk Batu Lanteh melalui System Informasi Kredit Program (SIKP). Namun data yang dikirim kecamatan tidak semua terisi sehingga tidak terverifikasi. Namun demikian pinjaman di bank tentu harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Untuk masyarakat di sejumlah desa di wilayah Batu Lanteh ada beberapa persyaratan yang masih kurang yakni kepemilikan NPWP. Meski demikian, pihaknya akan mencoba berkoordinasi kembali dengan pihak bank guna mempermudah pinjaman itu tersalurkan kepada masyarakat di Batu Lanteh. Selain itu berharap tidak hanya BRI yang mengelola KUR, melainkan juga Bank NTB yang merupakan bank milik pemerintah daerah. “Memang kami tidak bisa mengintervensi bank, tapi kami bisa menfasilitasi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga  “Jangan Paksakan Hotmix Jika Belum Memenuhi Syarat”

Terkait dengan Kredit Sahabat (Krabat), Irawan—akrab mantan Camat Alas ini disapa, dari Rp 15 Milyar yang dialokasikan baru Rp 8 milyar yang terserap. Pada Tahun 2017 ini Kredit itu dikucurkan untuk 10 kecamatan (75 desa) yakni Alas Barat, Alas, Utan, Rhee, Lape, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Lenangguar, Plampang, dan Empang. Ia berharap program ini tetap berjalan sehingga kecamatan lainnya termasuk Batu Lanteh menjadi sasaran berikutnya. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb