Bupati Sumbawa Komit Sukseskan Program Pembangunan Kota Berkelanjutan

oleh -84 Dilihat

JAKARTA, SR (07/11/2017)

Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017 merupakan salah satu bentuk komitmen dan kontribusi Kementerian PUPR dalam mengimplementasikan agenda baru perkotaan. Agenda baru perkotaan menempatkan perumahan sebagai inti dari pembangunan perkotaan yang inklusif dan berkelanjutan, mendorong inisiatif penciptaan hunian untuk seluruh kalangan, khususnya MBR dengan penyediaan ruang terbuka, infrastruktur, dan pelayanan dasar yang layak. Pendekatan yang terintegrasi dan holistik dalam perumahan akan berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan. Ini yang menjadi alasan kehadiran Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc pada Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017 yang dibuka Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti di Kampus Kementerian PUPR, Senin (6/11).

Pada acara tersebut Bupati Sumbawa bersama 31 Kepala daerah lainnya menandatangani pernyataan Komitmen “Kota Layak Huni” sekaligus menerima program pembangunan kota berkelanjutan. “Kami berkomitmen bersama seluruh jajaran terkait baik di kabupaten, provinsi, pusat dan masyarakat Sumbawa akan menyukseskan pembangunan perkotaan berkelanjutan yang produktif dan tanggap terhadap perkembangan kota sesuai karakter, potensi dan budaya local Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan,” jelas Bupati ketika diwawancara wartawan di Stand Expo Kabupaten Sumbawa pada Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2017.

Baca Juga  Jadi Kabag Bantuan Hukum, Rudy Gunawan Diminta Atensi Masalah Kehutanan

Sebelumnya Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sumbawa Ir. A. Rahim yang mendampingi Bupati Sumbawa pada acara dimaksud, menyampaikan bahwa untuk tahun anggaran 2018 Kabupaten Sumbawa akan memperoleh Program Pembangunan Infrastruktur Perkotaan Berkelanjutan dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Direncanakan sebesar Rp 5,5 Milyar akan dialokasikan untuk Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Lembi (Lempeh-Brang Biji) Kabupaten Sumbawa usulan dari RP2KPKP. Selain itu sebesar Rp 2,1 M untuk penataan taman ruang terbuka hijau public kegiatan Fasilitasi Percontohan RTP Revolusi Mental Kabupaten Sumbawa sebagai prioritas nasional.

Selain mengikuti Acara Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia Tahun 2017, Kabupaten Sumbawa juga berpartisipasi sebagai salah satu peserta Pameran Pembangunan Kota Berkelanjutan yang hanya diikuti oleh 14 kabupaten/kota yang diundang dari seluruh Indonesia oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Juga turut mendampingi Bupati Sumbawa antara lain Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumbawa L. Suharmaji dan Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa H. Junaidi. (*)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *