Kuatkan Kebersamaan, Pemda KSB Gelar Jambore PDPGR

oleh -12 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PMPD KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (06/11/2017)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menggelar jambore Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), Senin (6/11). Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Graha Fitra tersebut diikuti seluruh Agen Pliuk Agen Desa, Agen Kecamatan, dan Agen Kabupaten.

Ketua Panitia, Drs Mulyadi melaporkan kegiatan Jambore ini dilaksanakan karena di lapangan para agen begitu banyak kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran yang pastinya terasa lelah. Melalui Jambore ini pihaknya berharap para agen bisa melepas sejenak pekerjaan yang begitu banyak kemudian menghibur diri atau menyegarkan kembali pikiran dan tenaga.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi antara agen dengan agen dan agen dengan pemerintah maupun seluruh lembaga terkait agar rasa senasib sepenanggungan dan persatuan semakin erat. Jambore ini juga bisa menjadi motivasi dan memompa semangat para agen untuk tetap semangat dan menjadi yang terdepan dalam melaksanakan program PDPGR.

“Jambore ini akan kita laksanakan dalam bentuk kompetisi-kompetisi ringan yang diisi dengan perlombaan seperti Lomba Mars Gotong Royong, dan Mars Kabupaten Sumbawa Barat. Perlombaan ini penting karena kita mempunyai ikon gotong royong tapi masih banyak yang belum menghafal gotong royong. Buktinya waktu kita nyanyikan lagu mars gotong royong banyak yang mulutnya tidak bergerak,” kritiknya.

Ada juga pertandingan seperti sepakbola dangdut, lari karung, trompa panjang, dan tarik tambang yang menyemarakkan jambore ini. Sebagai bentuk apresiasi ada penganugerahan PDPGR Award untuk agen peliuk desa, kecamatan, Babinsa, dan Babinkantibmas yang dinilai terbaik dalam penerapan dan pelaksanaan program PDPGR di lapangan. Pihaknya akan mendatangkan motivator dari luar untuk menumbuh-kembangkan semangat bergotong royong di KSB ini.

Baca Juga  Presiden Jokowi Apresiasi Tiongkok Kirim Kontingen Terbesar Asian Games

Sementara Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST mengatakan semua agen merupakan orang-orang yang luar biasa. Tanpa mereka pemerintah tidak bisa bekerja dengan luar biasa. Karenanya keberadaan para agen ini sangat penting bagi pemerintah KSB. “Kita semua tidak memilki kemampuan lebih tapi kita bisa berbuat yang lebih dari kemampuan kita, karena hasil dari kerjasama kita semua saling bergandengan bersatu padu dalam melaksanakan program pemerintah pemberdayaan gotong royong sehingga kami sangat memberi apresiasi kepada seluruh agen yang ada di KSB karena kerjanya yang IJS,” ujarnya.

Ia memberikan hormat kepada para agen yang terus melakukan perubahan ke arah lebih baik bagi masyarakat KSB. Menurutnya tidak ada yang sempurna di dunia termasuk manusia. Untuk menjadi manusia yang sempurna ketika semua bisa saling menutupi kekurangan satu dengan lainnya. Karena itu ia mengajak untuk membangun KSB menuju kabupaten sejahtera. “Agen PDPGR tidak akan pernah bubar, kita akan terus matangkan dan membuktikan bahwa dengan bersama kita mampu membangun KSB yang kita cintai ini,” ucapnya.

Mengenai pelaksanaan Jambore, Wabup ingin memperlihatkan kepada seluruh dunia bahwa Program Gotong Royong sudah menjadi napas masyarakat KSB dengan saling bergandengan tangan dan menghilangkan perbedaan menuju kesejahteraan masyarakat KSB. “Ini kegiatan sangat positif, kami mengapresiasi DPM-PD yang telah melaksanakan kegiatan jambore ini,” pungkasnya. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb