Jabat Kasek 8 Tahun akan Dicopot dan Dijadikan Guru Biasa

oleh -14 views
Kepala UPT Layanan Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Sumbawa, Lalu Manan S.Pd

SUMBAWA BESAR, SR (05/11/2017)

Saat ini tercatat 24 SMA/SMK/SLB di NTB yang kepala sekolahnya masih belum diefinitif alias dipelaksana-tugaskan (PLT). Dari jumlah tersebut tiga di antaranya di Kabupaten Sumbawa yakni SMA Negeri 1 Ropang, SMA Negeri 1 Rhee dan SMA Negeri 1 Labuhan Badas. Menyikapi hal itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB menargetkan paling lambat Desember 2017 ini, semuanya akan terisi dan memiliki kepala sekolah definitive. “Insyaa Allah, untuk Kabupaten Sumbawa, Bulan Desember mendatang kepala sekolah definitive-nya sudah dilantik,” ungkap Kepala UPT Layanan Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Sumbawa, Lalu Manan S.Pd, belum lama ini.

Untuk mengisi jabatan kepala sekolah tersebut, kata Manan, para pejabatnya atau Calon Kepala (Cakep) sudah disiapkan. Di Kabupaten Sumbawa, sebanyak 23 Cakep yang lulus tes untuk tahap pertama dan sudah selesai mengikuti pelatihan. Untuk SMA 12 orang dan SMK 11 orang. “Mereka inilah yang dipersiapkan untuk dilantik menjadi kepala sekolah definitive,” ucap Lalu Manan.

Selain mengisi jabatan kepala sekolah yang lowong, lanjut Lalu Manan, di bulan yang sama juga akan dilakukan penggantian terhadap kepala sekolah yang masa jabatannya sudah di atas 8 tahun. Ada 7 kepala sekolah di Kabupaten Sumbawa yang sudah menjabat selama lebih 8 tahun yaitu SMA Negeri 1 Utan, SMA Negeri 1 Sumbawa, SMA Negeri 3 Sumbawa, SMA Negeri 1 Lape, SMA Negeri 4 Sumbawa, SMK Negeri 3 Sumbawa dan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Sumbawa. “Kepala sekolah yang sudah menjabat 8 tahun lebih ini akan diganti Bulan Desember ini,” tandasnya.

Baca Juga  JAWABAN BUPATI SUMBAWA ATAS PEMANDANGAN UMUM FRAKSI RAPBD 2016

Menurut Lalu Manan, para kepala sekolah yang masa jabatannya kadaluarsa ini dimutasi menjadi guru biasa atau Pengawas. Hal ini berdasarkan Permendikbud No. 28 Tahun 2010. Namun, berdasarkan Pemendikbud itu, kepala sekolah yang sudah memegang jabatan di atas 8 tahun ini masih bisa dikaryakan sebagai kepala sekolah dengan catatan bertugas di sekolah yang tingkat akreditasinya lebih rendah dari sekolah sebelumnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb