Rela Nyebrang Laut, Puskesmas Maronge Layani Warga Gili Tapan

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (04/11/2017)

Masyarakat di wilayah terpencil apalagi kepulauan memiliki keterbatasan hampir semua akses. Selain transportasi, komunikasi dan informasi, mereka juga keterbatasan ekonomi. Demikian jangkauan dengan pusat kesehatan dan pendidikan yang memadai sangat jauh. Inilah yang dirasakan masyarakat di wilayah Gili Tapan—sebuah pulau yang masuk dalam wilayah administrative Kecamatan Maronge. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas, masyarakat setempat harus menyeberang laut. Gili Tapan merupakan satu-satunya daerah terpencil di kecamatan tersebut. Namun kali ini pihak puskesmas yang berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan dengan mendatangi masyarakat setempat. Tim UPT Maronge yang dipimpin Sri Kusmini M.KIB menyeberangi laut menuju Gili Tapan, kemarin.

Kepala UPT Puskesmas Maronge, Sri Kusmini M.KIB kepada SAMAWAREA yang ikut dalam rombongan mengatakan kegiatan tersebut untuk memberikan pengobatan dan penyuluhan kepada masyarakat yang berada di daerah terpencil. Ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dari jangkauan baik transportasi, komunikasi dan informasi. “Gili Tapan saat-satunya wilayah di lingkup Puskesmas Maronge yang berada di daerah terpencil. Walaupun di sini ada bidan yang ditugaskan di Polindes, tapi perlu kita tangani masyarakat secara tim agar hasilnya maksimal,” jelas Sri—akrab pejabat ini disapa.

Pelayanan yang diberikan tim menyasar ibu hamil, anak balita dan lanjut usia (lansia). Selain pengobatan juga dilakukan pelayanan KB kepada pasangan usia subur, serta suntik cacar untuk anak-anak sekolah dasar. (BUR/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Diserang Penyakit “Lupus” Bocah Juara Kelas Berhenti Sekolah