Dermaga Sebotok, Jalur Tol Laut untuk SAMOTA  

oleh -26 views
Kepala Dinas Perhubungan NTB, Drs. Lalu Bayu W didampingi Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, Z Arifin S.Pt M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (02/11/2017)

Harapan masyarakat Desa Sebotok, Pulau Moyo Kecamatan Badas untuk memiliki dermaga yang representative, akan segera terwujud. Pasalnya dermaga senilai Rp 8,7 Miliar yang dianggarkan dari dana APBN ini sedang dalam pengerjaan. Pemasangan pancang dermaga oleh PT Kencana Raya Abadi Sentosa ini mulai dilaksanakan secara perdana Rabu (1/11) kemarin, dan diperkirakan akan terpasang di 72 dalam waktu paling lama 13 hari.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Drs. Lalu Bayu W yang dikonfirmasi SAMAWAREA di Sebotok, mengatakan, pembangunan dermaga ini selain untuk mempermudah akses transportasi laut bagi masyarakat Pulau Moyo, juga diperuntukan sebagai salah satu upaya mendukung program Samota (Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora).

Isu Samota ini sedang dibahas hingga di tingkat nasional. Karena pemanfaatannya tidak hanya dirasakan penduduk setempat, namun juga dijadikan rute regular bagi kapal barang. Hal ini sangat didukung dengan keberadaan Pulau Moyo yang sangat populer dan ditetapkan sebagai obyek wisata dunia. “Dengan adanya Dermaga Sebotok dapat meningkatkan geliat pariwisata dan perekonomian masyarakat dan daerah ini,” imbuhnya, seraya berharap semua pihak mendukung proyek tersebut baik provinsi maupun pusat.

Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, Zainal Arifin S.Pt M.Si menambahkan, Dermaga Sebotok bagian dari rencana segitiga yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora. Keberadaannya untuk mempersingkat waktu ketika hendak ke Tambora melalui jalur laut, sekaligus menikmati obyek-obyek pariwisata. “Ini bisa dikatakan tol laut. Karena bila kita melalui jalur darat ke Tambora bisa mencapai 5 jam perjalanan. Sedangkan melalui dermaga-dermaga yang ada di Samota nanti hanya 2 jam saja dengan waktu pelayaran normal melalui jalur laut,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Desak Serius Tangani Buruh, SBSI Gedor Disnakertrans