TAGANA se-Pulau Sumbawa Ikut Latsar di Semongkat

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (31/10/2017)

Sebanyak 40 anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) unsur Rajawali se-Pulau Sumbawa mengikuti Latihan Dasar (Latsar) di obyek wisata Semongkat, Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kadis Sosial Sumbawa, Selasa (31/10) ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 2 November mendatang. Hadir dalam kesempatan Koordinator TAGANA unsur Rajawali Pusat, Melky B, Kadis Sosial diwakili Kabid Banjamsos, Cendra Hastuti, Kadis Popar diwakili pejabatnya Muhammad Irfan, Camat Batu Lanteh Zubaidi S.Pd, dan Sekretaris TAGANA NTB yang juga Koordinator TAGANA Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I.

Ketua Panitia, Joko dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini bagian dari program nasional yang melibatkan sedikitnya 40 anggota TAGANA unsure Rajawali se-Pulau Sumbawa. Pelatihan ini juga sebagai upaya perekrutan anggota baru yang nantinya akan memperkuat TAGANA di kabupaten/kota masing-masing. Sebagai anggota baru, tentu peserta pelatihan sangat minim SDM tentang tugas pokok dan fungsi TAGANA. Karena itu dia berharap para peserta mengikuti Latsar ini dengan semangat yang membara.

Melky B—Koordinator TAGANA unsure Rajawali pusat, memberikan apresiasi atas respon positif pemerintah daerah terhadap suksesnya pelatihan ini. Untuk itu Ia meminta para peserta untuk serius mengikuti apa yang diajarkan instruktur. Menjadi seorang relawan kemanusiaan harus ikhlas, sehat dan kenyang. Ikhlas dalam memberikan pertolongan, sehat rohani dan pikiran, serta kenyang pengalaman dan pengetahuannya bertambah.

Baca Juga  Gubernur NTB : Warisan yang Paling Berharga Adalah Pendidikan

Sementara Camat Batu Lanteh, Zubaidi S.Pd mengaku bersyukur dengan dipilihnya Semongkat Batu Lanteh sebagai lokasi Latsar. Ia berharap ilmu yang diperoleh ini menjadi pengetahuan dalam penanganan bencana di samping dapat ditularkan kepada masyarakat lain sehingga memiliki sikap tanggap baik pra, saat dan pasca bencana. “Kami juga ingin Pemda Sumbawa menetapkan Semongkat sebagai Pusat Pelatihan TAGANA,” pintanya.

Kadis Sosial melalui Kabid Banjamsos, Cendra Hastuti saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa Sumbawa ditunjuk Kementerian Sosial RI untuk melaksanakan Pelatihan Dasar (Latsar) TAGANA. Dengan adanya pelatihan yang diikuti unsur Rajawali ini, keberadaan TAGANA semakin kuat. Namun dia mengingatkan unsure Rajawali untuk memperhatikan garis koordinasi. Unsur Rajawali berada dan menjadi bagian dari TAGANA kabupaten. “Tidak boleh jalan sendiri karena komando dan SOP yang menjadi acuan agar bencana social maupun bencana alam dapat tertangani secara maksimal,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb