Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Dikpora KSB Gelar Lomba Upacara

oleh -9 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DIKPORA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT SR (27/10/2017)

Puluhan siswa tingkat SD, SMP, dan SMA mengikuti lomba tata cara upacara bendera dan perlombaan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Ketua Bidang PUDNI Dikpora KSB, Solihin mengatakan perlombaan ini sangat penting untuk menumbuh-kembangkan jiwa nasionalisme anak didik terhadap bangsa dan negara sehingga rasa memilikinya lebih kuat, dan lebih bertanggung jawab untuk kemajuan bangsa. Selain itu meningkatkan kedisiplinan siswa agar dalam kehidupannya mengetahui bagaimana cara hidup yang teratur.

Solihin menjelaskan setiap peserta lomba wajib memperagakan beberapa gerakan secara benar dalam baris berbaris. Gerakan yang menjadi penilaian dewan juri antara lain gerakan dari berhenti menuju berjalan, berjalan menuju berjalan, serta berjalan menuju berhenti. Sebab tidak sedikit dari siswa yang belum memahami gerakan tersebut. Sedangkan untuk lomba tatacara Upacara Bendera, setiap regu diharuskan bisa melakukan berbagai peragaan upacara yang baik dan benar. Mereka harus melakukan upacara dengan baik dan khidmat, termasuk  cara menyampaikan amanat upacara mulai dari intonasi, isi amanat serta gerakan-gerakan lainnya. Pasalnya upacara ini merupakan kegiatan rutin setiap Hari Senin bagi siswa. Solihin menyebutkan ada 31 sekolah yang ikut terdiri dari 8 SD (setiap kecamatan mengirimkan satu sekolah), 15 SMP dan 8 SMA/SMK/MA. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Wabup Tekankan Guru Harus Bisa Beri Ketenangan Kepada Murid