Songsong Festival Desa Benderang Informasi Nasional, KI NTB ke Sumbawa

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/10/2017)

Menyongsong penyelenggaraan Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional Tahun 2017, Komisi Informasi melakukan pemantapan terhadap 16 Desa Model Desa Benderang Informasi Publik di Nusa Tenggara Barat (NTB) termasuk Kabupaten Sumbawa. Bertempat di Kantor Bupati Sumbawa, Komisi Informasi (KI) NTB bersilaturrahmi dengan Sekda setempat, Kamis (25/10).

Dalam sambutannya, Sekda Drs. H. Rasyidi menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada KI NTB. “Di era saat ini, informasi sangat penting dan perlu dikembangkan di semua sector. Terkait dengan hal itu, tentu kehadiran Komisi Informasi NTB telah melakukan penilaian kepada 2 desa model, dan saat ini telah menunjukkan perkembangan,” kata Sekda yang didampingi antara lain Kepala Dinas Kominfotik dan Sekretaris Dinas PMD Sumbawa.

Sebelum memulai audiensi, Ketua Komisi Informasi NTB, Ajeng Roslinda Motimori, S.Pt menyampaikan bahwa PPID Kabupaten Sumbawa termasuk 5 besar yang sedang dilakukan Visitasi Pemeringkatan Badan Publik Provinsi NTB. “Kehadiran kami kali ini, ingin melihat sejauhmana kesiapan 2 Desa Model di Kabupaten Sumbawa dalam Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 tanggal 28-29 November 2017 di Mataram,” ujar Bu Ajeng—sapaan akrabnya.

Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 rencananya juga akan dibuka dan dihadiri Presiden Jokowi yang akan melibatkan 10.000 peserta dari desa-desa seluruh Indonesia. Juga akan turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain Mendagri, Menkominfo dan MendesPDTT.

Baca Juga  KPPT Luncurkan Program Layanan 5 Hari Jadi

Sementara itu Wakil Ketua Komisi Informasi NTB, Najamuddin, S.Sos, MM menyampaikan progress pembinaan dua desa model di Kabupaten Sumbawa yang telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. “Desa Uma Beringin dan Desa Baru Tahan telah mengalami perubahan yang memuaskan minimal dari 3 (aspek) yaitu komitmen Kepala Desa yang tinggi, PPID Desa dan Website Desa,” ujar Najam sapaan akrab Mantan Kabag Humas KSB ini.

Ada 4 Agenda dalam Festival yaitu Sambung Rasa, Seminar Nasional, Gelar Budaya dan Cerdas Tangkas. Sedangkan DBiP Award ini adalah melaunching 16 Desa Model oleh Mendagri sekaligus penetapan Desa Benderang Informasi Publik.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara Syafruddin dan Kepala Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes yang diwakili Sekdes Juadi S.AP menyampaikan kesiapan untuk mengikuti festival tersebut. Kepala Desa Baru Tahan akan mempersiapkan Tim untuk mengikuti Cerdas Tangkas dan Gelar Budaya. Senada dengan Kades Baru Tahan, Sekdes Uma Beringin juga menyatakan kesiapan untuk menyukseskan agenda tersebut. “Kami juga mohon dukungan pembinaan maupun anggaran dari Pemkab maupun KI agar dapat mempersembahkan hasil maksimal untuk Sumbawa dan NTB,” ujar Juadi.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Sekda Sumbawa menyampaikan keyakinan akan suksesnya kesertaan Kabupaten Sumbawa pada Festival Desa Benderang Informasi Tingkat Nasional 2017 mendatang. “Saya yakin, dengan kebersamaan, tekad, semangat kita baik pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dan dinas terkait akan mampu menjadi bagian dari Festival sesuai yang diharapkan KI NTB,” timpalnya.

Baca Juga  Masyarakat Keluhkan Tarif Seluler Mahal, Tim Kementerian Kominfo Cek Lapangan

Sementara Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si  menyatakan kesiapan untuk melakukan pembinaan dan berkoordinasi intensif khususnya terhadap 2 desa yang telah ditetapkan menjadi Model Desa Benderang Informasi Publik Kabupaten Sumbawa. (*)

 

dukacita dukacita bankntb