Busana “Sasambo” Meriahkan Pawai Ta’aruf Tanda Dimulainya MTQ ke 27

oleh -2 views

BIMA, SR (26/10/2017)

Ribuan masyarakat Bima menyemut di sepanjang Jalan Garuda dari depan Kantor Camat Woha Kabupaten Bima hingga ujung cabang Perempatan Talabiu Kecamatan Belo. Mereka antusias menyaksikan beragam corak busana adat khas daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-NTB dalam memeriahkan pawai ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-27 Tingkat Provinsi NTB tahun 2017 yang dipusatkan di kantor baru Pemerintah Kabupaten Bima di Kecamatan Woha.

Pawai ta’aruf tersebut diikuti 519 orang. Para peserta pawai ta’aruf terlihat tampil beda dari biasanya karena hampir semua mengenakan busana adat dari berbagai strata sosial, sehingga tampak indah dan menyedot perhatian masyakat. Dimulai pukul 09.00 dan baru berakhir pada pukul 12.00 Wita menjelang Sholat Dzuhur, Kamis (26/10), pawai berlangsung meriah.

Kontingen terbanyak dan terheboh adalah dari Kabupaten Lombok Tengah. Selain seluruh kontingennya mengenakan beragam corak busana adat kebiasaan masyarakat Sasak di Lombok Tengah, juga kontingen dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupatinya yang menurunkan jumlah kontingen paling banyak dibandingkan daerah lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan MTQ tersebut, juga disiarkan secara langsung dari lokasi acara oleh RRI Regional Mataram. Sehingga masyarakat dapat menyimak lantunan Ayat-ayat suci Al-Qur’an dari kediaman masing-masing. Sebelumnya rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 27 Tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Bima sudah diawali dengan malam Ta’aruf, di Parugana’e Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Rabu (25/10).

Baca Juga  Refleksikan Setahun Kepemimpinan, Zul-Rohmi Santuni 6.341 Yatim Piatu

Saat itu, Sekda NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, selaku Ketua LTPQ NTB berharap agar pelaksanaan MTQ ke 27 bisa berjalan sukses dan mengandung nilai-nilai keberkahan. Tidak saja bagi masyarakat Kabupaten Bima, tetapi juga masyarakat NTB secara keseluruhan. Meski saat ini sudah memasuki musim hujan, namun Sekda yakin bahwa kondisi tersebut tidak menghalangi suksesnya kegiatan tersebut.

Didampingi Kepala Biro Kesra Setda NTB. Ahmad Masyhuri SH., Pak Ros sapaan akrab Sekda NTB menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Bima beserta seluruh jajarannya, panitia dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan itu. “Semoga hujan yang mengguyur Kabupaten Bima saat pelaksanaan MTQ nanti tidak besar-besar amat, cukup gerimis saja biar menjadi berkah,” ungkapnya di hadapan para dewan hakim dan perwakilan para kafilah dari seluruh kabupaten/kota se-NTB yang hadir.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah mempercayakan Kabupaten Bima sebagai penyelenggara kegiatan. Dengan terlaksananya kegiatan ini menurut IDP—sapaan Bupati, gema tilawatil Qur’an akan senantiasa membawa keberkahan serta suasana religi yang begitu baik di tengah masyarakat. “Ini akan menerangi dan mencerahkan nilai kebaikan di Bumi Mbojo ini,” ungkap Bupati.

Iapun berharap melalui MTQ ke 27 ini, Kabupaten Bima dapat menjadi daerah yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, MTQ ini dapat melahirkan qori’ qori’ah dan hafiz hafizah terbaik yang akan membawa harum daerah ini. “Mari kita sukseskan MTQ ke 27 di Kabupaten Bima ini,” ajak Bupati. (JER/SR)

dukacita dukacita bankntb