Bupati dan Koordinator TAGANA Sumbawa Dapat Penghargaan dari Mensos RI

oleh -8 views
Mensos RI didampingi Bupati dan Dandim Sumbawa berdiri di atas puing-puing rumah yg tersapu banjir, Februari 2017 lalu

SUMBAWA BESAR, SR (26/10/2017)

Dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Sumbawa terhadap Taruna Siaga Bencana (TAGANA) sebagai relawan kemanusiaan yang bernaung di bawah Dinas Sosial, mendapat perhatian Menteri Sosial Republik Indonesia. Tidak hanya dukungan tersebut, Pemda Sumbawa juga dinilai sangat sigap dalam menangani bencana banjir bandang yang menerjang kabupaten tersebut beberapa bulan lalu. Sebagai bentuk apresiasi, Menteri Sosial RI akan memberikan perhargaan khusus kepada Bupati Sumbawa. Penghargaan yang akan diterima langsung oleh Wakil Bupati Drs. H. Mahmud Abdullah ini diserahkan saat Apel Siaga Bencana pada Jambore Nasional TAGANA Indonesia + ASEAN ke 11 Tahun 2017 di Tondano, Kabupaten Minahasa, Propinsi Sulawesi Utara. Sumbawa adalah satu-satunya Kabupaten yang mendapatkan penghargaan tersebut dari 10 Kabupaten/kota di Propinsi NTB.

Selain Bupati Sumbawa, Mensos RI juga menyerahkan penghargaan kepada Dedi Susanto S.Pd.I—Koordinator TAGANA Kabupaten Sumbawa yang berhasil sebagai lulusan terbaik TAGANA Madya Bidang Search and Rescue tingkat Nasional di Mako TTC (Tagana Training Centre) Bogor, beberapa waktu lalu. Saat ini Dedi mewakili NTB mengikui Jambore Nasional TAGANA yang saat ini sedang berlangsung.

Untuk diketahui, banjir bandang yang menerjang Kabupaten Sumbawa Februari 2017 lalu menyapu hampir seluruh kecamatan di daerah ini. Tentu saja kerugian yang diderita cukup besar, tidak hanya harta benda masyarakat, tapi juga sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik mengalami kerusakan parah. Dalam situasi itu TAGANA hadir menjadi yang terdepan dalam menangani bencana. Meski jumlah personil yang terbatas relawan kemanusiaan ini berjibaku bersama BPBD, Disos, PMI, Pramuka dan organisasi lainnya. Sepak terjang ini mendapat perhatian Menteri Sosial RI melalui Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Adhy Karyono AKS, M.AP menghadiahi TAGANA Sumbawa satu unit mobil dapur umum lapangan (Dumlap) seharga Rp 465,6 juta dan 1 unit sepeda motor trail senilai Rp 30,4 juta. Bantuan mobil dan trail ini sebagian dari total bantuan senilai Rp 881,7 juta yang diserahkan Kemensos kepada Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, September lalu. “Hadiah ini kami berikan selain karena penanganan bencana di Sumbawa sangat efektif dan cepat juga karena keterbatasan kendaraan terutama dalam menangani dapur umum lapangan. Mereka berjibaku membantu korban banjir atas dorongan rasa kemanusiaan. Kami tidak menggaji mereka tetapi membantu sesama merupakan hobby TAGANA,” kata Adhy Karyono saat itu seraya menambahkan bahwa TAGANA itu berasal dari masyarakat yang tugas dan fungsinya untuk masyarakat. Karena itu dalam menjalankan aktivitasnya di lapangan, diharapkan pemerintah dan masyarakat lain dapat membantu TAGANA.

Baca Juga  Wagub Sambut Positif Rencana Pembangunan Pangkalan Bakamla di NTB

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah juga memuji kinerja TAGANA terutama membantu korban banjir yang melanda Sumbawa beberapa bulan lalu. Bahkan Pemda Sumbawa mengutus TAGANA membangun dapur umum untuk melayani keperluan makanan siap saji untuk korban banjir di Kabupaten dan Kota Bima. “Karena kinerjanya yang luar biasa ini, saya merasa bangga punya seragam TAGANA,” ucapnya.

Penanganan banjir di Kabupaten Sumbawa Februari lalu tidak hanya peran TAGANA, melainkan berkat kerjasama semua pihak. Dengan kerjasama ini ungkap Wabup, musibah itu dapat tertangani dengan baik. Tidak ada korban jiwa meski kerugian material tak bisa dibendung. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb