Tidak Lolos Verifikasi, Legislator PBB Tunggu Hasil Gugatan Hukum

oleh -2 views

SUMBAWA BARAT, SR (25/10/2017)

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan ada 13 partai politik yang dinyatakan tidak lolos sebagai peserta pemilu karena tidak memenuhi syarat yang ditentukan. Dari parpol yang tidak lolos ini melakukan gugatan terhadap keputusan tersebut. salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB). Partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini mengajukan uji materi atas pasal 222 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kami akan tetap menunggu sampai ada keputusan hasil gugatan itu, sebagai bentuk kesetiaan kepada partai yang membesarkan saya,” kata Ketua Majelis Pertimbangan Cabang Partai PBB, Amir Ma’ruf Husain yang juga Pimpinan DPRD KSB ini kepada SAMAWAREA, Rabu (25/10).

Ia masih optimis akan memenangkan gugatan tersebut dan akan masuk dalam kontestasi politik 2019. Pasalnya bukan hanya sekali ini cobaan terjadi di partainya. Tahun 2014 lalu juga dinyatakan tidak lulus oleh KPU bahkan permasalahannya lebih berat dari masalah saat ini. Buktinya PBB lolos menjadi peserta Pemilu 2014 lalu.

Ma’ruf mengaku dengan kondisi gonjang-ganjing Partai PBB ini, banyak tawaran parpol lain datang kepadanya. Namun ia masih ingin tetap berada di PBB. “Sekali lagi saya masih yakin akan memenangkan gugatan ini. Perintah Pak Yusril agar semua kader tidak usah risau,” tukasnya, seraya menyebutkan bahwa hingga kini KPU belum mengeluarkan SK.

Baca Juga  Inilah Penyebab Terbakarnya Wisma Praja Sumbawa

Ma’ruf juga mengatakan sudah melakukan pendaftaran sesuai aturan dan syarat yang ditentukan. Sayangnya sistem informasi politik (Sipol) yang digunakan KPU sangat lemah. Banyak kasus yang disampaikan bukan hanya dari PBB tapi juga partai lain bahwa Sipol ini sangat mudah dibajak, disusup dan di-hack. Sehingga banyak sekali kasus data keanggotaan suatu partai politik tiba-tiba berlebih ataupun berkurang, bahkan identitasnya pun tiba-tiba berubah tanpa diketahui oleh operator. “Jadi kami beranggapan bahwa Sipol ini tidak bisa menjadi acuan untuk memutuskan apakah suatu partai politik bisa ikut pemilu atau tidak,” pungkasnya. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb