Perkuat Desa Berdaya, Rumah Zakat Gelar Cooking Class

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (18/10/2017)

Rumah Zakat terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat di Desa Jorok Kecamatan Unter Iwis yang sudah diplot sebagai Desa Berdaya. Hal ini terlihat pada kegiatan yang dilaksanakan Selasa (17/10) kemarin di Aula Kantor Desa setempat, Rumah Zakat menggelar kegiatan Cooking Class yaitu kelas memasak (praktik memasak). Menghadirkan mentor dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbawa dan Ny Aisyah yang memang sudah dikenal lama sebagai pegiat usaha kuliner.

Repi S, selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat menjelaskan, kegiatan Cooking Class ini adalah salah satu kegiatan dari sekian banyak program pemberdayaan yang digulirkan di lokasi Desa Berdaya. Kegiatan ini diharapkan para ibu dan remaja putri memiliki keahlian dalam hal memasak berbagai macam kuliner yang memang menjadi tugas pokok bagi seorang ibu rumah tangga. Sehingga bukan hanya pandai memasak untuk dikonsumsi sendiri, tetapi berpeluang menjadi usaha di bidang kuliner guna menunjang peningkatan pendapatan keluarga.

Guna mensukseskan kegiatan ini, Rumah Zakat bekerjasama dengan tim penggerak PKK Desa Jorok. Cooking Class hari ini mempraktikkan 4 macam jenis masakan yaitu nugget ikan, ikan crispy, singkong kreasi dan stik sungkong. “Jadi semua jenis masakan yang dipraktikkan, bahannya sangat mudah diperoleh di Desa ini. Kita sangat berharap, setelah kegiatan ini, akan muncul wirausaha baru di lokasi Desa Berdaya, yang menjual ikan krispy, nugget ikan, stik sungkong dan singkong kreasi,” harap Repi sapaan karib pria ganteng ini.

Baca Juga  Polsek Plampang Salurkan Beras 350 Kg dari Polri Peduli Covid

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Jorok, Saleha menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah menginisiasi pelaksanaan Cooking Class ini. Kegiatan yang sangat bermanfaat bagi warga Desa Jorok, khususnya kaum ibu-ibu dan remaja putri. “Saya berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya hari ini saja, tetapi dapat dilaksanakan lagi pada masa-masa mendatang,” pintanya.

Di tempat yang sama, mentor dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbawa, Aminah, S.Pi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Cooking Class di Desa Jorok. Kegiatan seperti ini sudah seharusnya digalakkan di desa-desa, karena tentu dapat memberikan keterampilan bagi warga masyarakat. Sehingga dengan keterampilan yang dimiliki, berpeluang untuk mengurangi angka pengangguran. Dengan kata lain kegiatan seperti ini dapat berkontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan. “Kami siap mensupport setiap kegiatan pemberdayaan masyarakat di lokasi Desa Berdaya Rumah Zakat,” pungkas Aminah. (*)

 

dukacita dukacita bankntb