Sederet Prestasi Hebat Siswa SMPN 1 Sumbawa di Bulan Oktober

oleh -5 views
Nurul Intan Fadillah didampingi kepsek, Sri Irianti M.Pd meraih juara pertama Lomba Pidato PAI tingkat SMP Putri pada Pentas/PAI Nasional VIII 2017 (kanan) dan Peraih Medali Perunggu LPSN tingkat nasional (kiri)
bankntb

Dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

SUMBAWA BESAR, SR (16/10/2017)

iklan bapenda

Oktober adalah bulan prestasi bagi SMP Negeri 1 Sumbawa. Karena beberapa prestasi nasional dari event berbeda berhasil ditorehkan siswi dari sekolah hebat ini. Adalah Nurul Intan Fadillah berhasil meraih juara pertama untuk katyegori Lomba Pidato PAI tingkat SMP Putri pada Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas/PAI) tingkat nasional VIII tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, dari tanggal 9—14 Oktober ini diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Sebelum merengkuh gelar juara tersebut, Nurul harus melewati babak penyisihan yang tahun ini dipusatkan di Banda Aceh. Dalam babak penyisihan, panitia dewan juri mengambil 10 finalis terbaik. Salah satunya adalah Nurul yang pada akhirnya meraih juara pertama untuk lomba Pidato PAI. “Alhamdulillah, akhirnya siswa kami (Nurul) berhasil meraih juara pertama di tingkat nasional. Pentas/PAI ini sudah sering diikuti siswa. Tapi selama ini hanya sampai tingkat provinsi saja. Syukurlah, tahun ini kita bisa ke nasional dan meraih juara,” ungkap kepala sekolah setempat, Sri Irianti S.Pd., M.Pd, Senin (16/10).

Ia menuturkan juara nasional dalam Pentas/PAI tersebut bukanlah satu-satunya prestasi yang mampu diraih anak didiknya dalam bulan ini. Pada tanggal dan bulan yang sama, siswanya juga meraih medali perunggu dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta. Ada dua tim yang meraih medali perunggu ini dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tersebut. Tim pertama terdiri dari dua siswa, dan tim kedua tiga siswa.

Baca Juga  Boris: Pentingnya Infrastruktur Telekomunikasi Dalam Era Digitalisasi

Tim pertama adalah Husniah Azriani dan Kayla Hayfa Musfirah dengan judul penelitian, Kehidupan Cacing Kapal (Tevedo Navalis) di Pesisir Pantai Kota Sumbawa Besar. Sedangkan tim kedua, Annisa Safira Azzahra, Sita Amira Syrifah dan Arsya Dila Sophia Fidduha, mengangkat kajian pengamatan mengenai “Aktifitas Hutan Sumbawa Sebagai Senyawa Anti Bakteri, Eschenichia Coli, Staphylococcu, Aureus dan Vibrio SP. “Sebetulnya ada 5 karya ilmiah yang dikirim siswa kami di LPSN tingkat nasional ini. Tapi, hanya 2 yang dipanggil untuk persentase ke nasional,” ujarnya.

Untuk tingkat provinsi, belum lama ini pelajar di sekolah bersangkutan juga berhasil mengharumkan nama sekolah dan daerahnya, dalam Lomba Mendongeng yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi NTB, dengan meraih juara pertama dan kedua. Juara pertama diraih oleh Talbiyah Sabdah Rizan Taufiq, dengan dogeng berjudul “Tanjung Menangis”. Sementara juara dua diraih Ratih Alya Alvitah, dengan judul dogeng “Karimongkong”. Saat lomba, keduanya didampingi guru Pembina, Wardinah, S.Pd. “Siswa kami yang tergabung dalam Revolusion Of Spenza baru-baru ini juga berhasil meraih juara pertama Tandu Darurat, untuk memeriahkan HUT PMI. Ada juga yang meraih juara pertama lomba Poster dan juara tiga Paduan Suara dalam kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara),” terangnya.

Mantan Kepala SMP Negeri 1 Moyo Utara ini berharap deretan prestasi tersebut tidak lantas membuat siswanya cepat berpuas diri. Justru harus menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi sekolah dan daerahnya. “Terima kasih atas dukungan semua pihak terutama Dinas Dikbud Sumbawa, komite dan guru. Kami sadar tidak ada prestasi yang kebetulan. Semuanya butuh proses,” demikian Sri Irianti.

Baca Juga  Akhirnya Dana BOS TW IV Cair

Khusus prestasi tingkat nasional, kemungkinan besar koleksi juara di SMP tertua di Bumi Sabalong Samalewa ini, bakal bertambah. Sebab dalam bulan Oktober ini ada dua even tingkat nasional yang bakal diikuti. Pertama, Lomba Tingkat Pramuka (LT 5) Penggalang Putra di Cibubur, yang dilaksanakan pada 21—28 Oktober. Seperti diketahui, Gudep 05 SMP Negeri 1 Sumbawa yang terdiri dari 8 personil berhasil mewakili NTB ke tingkat nasional.

Kedua, dalam ajang Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang dilaksanakan 26—30 Oktober, di Jakarta. Di OLSN ini, ada dua siswa yang mewakili NTB. Mereka adalah Jane Christy Yongasa untuk kategori Story Telling, dan Kanaya Putri Hardianti (Debat Bahasa Indonesia). (*)  

iklan bapenda