Pengadaan Alat Kedokteran RSUD Sumbawa Gagal

oleh -4 views
Kabag LPBJP Setda Sumbawa, Abdul Malik, S.Sos,

SUMBAWA BESAR, SR (16/10/2017)

Anggaran senilai ratusan juta rupiah yang dikucurkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengadaan alat-alat kedokteran di RSUD Sumbawa terpaksa dikembalikan ke pusat. Pengembalian ini dilakukan setelah pengadaan peralatan tersebut gagal tender.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa, Abdul Malik S.Sos, Senin (16/10) mengakui gagalnya tendernya proyek pengadaan alat kedokteran senilai Rp 425 juta tersebut. Penyebab gagal lelang pada September 2017 lalu itu karena tidak ada yang mengupload dokumen penawaran. Ini disebabkan karena pada saat perencanaan menggunakan besaran anggaran berdasarkan e-katalog. Namun harga itu tidak muncul di e-katalog, sehingga ketika dilelang harganya sangat tipis.  Untuk itulah tak satupun calon rekanan yang mengupload. Untuk tender ulang, Malik mengaku tidak memungkinkan untuk dilakukan, meskipun dari sisi waktu masih ada. Sebab berdasarkan aturan terkait DAK, bahwa per 31 September 2017 tidak diperbolehkan untuk dilakukan tender ulang. Karenanya hasil rapat dengan BPKAD diputuskan dana DAK tersebut dikembalikan.

Selain yang gagal tender, ungkap Malik, ada dua paket lain yang sedang dalam proses lelang. Adalah pengadaan sepeda motor trail di Bagian Umum Setda Sumbawa. Sebelumnya tender pertama gagal dan rencananya hari ini akan kembali dilakukan lelang kedua. Kemudian paket apraisal penilaian tanah Bendungan Beringin Sila, Kecamatan Utan. Untuk paket ini banyak mengupload penawaran, dan dalam waktu akan ditentukan pemenangnya.

Baca Juga  Puskesmas Taliwang Catat 13 Catin Terdeteksi Hamil Pranikah

Sebelumnya pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Triwulan III APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2017 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (16/10), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt menyampaikan bahwa sebanyak 103 dokumen paket yang masuk ke Bagian LPBJP (Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah) untuk Tahun 2017. Dari jumlah tersebut, 100 paket selesai lelang, 2 paket dalam proses lelang dan 1 paket gagal lelang. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb