Lokasi di Bukit, Puskesmas Batulanteh akan Direlokasi

oleh -30 views
Sekdis Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (16/10/2017)

Puskesmas Batu Lanteh, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa akan direlokasi. Selain letaknya di lereng bukit dan agak tinggi, juga lahannya sempit dan sulit untuk perluasan maupun peningkatan sarana prasarana. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Triwulan III APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2017 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (16/10).

Keberadaan Puskesmas Batu Lanteh di lokasi sekarang ungkap Jun—sapaan akrab birokrat muda ini, tidak ramah lansia, ibu hamil dan anak-anak. Di satu sisi relokasi perlu dilakukan karena saat ini pihaknya mengejar akreditasi. Artinya kelengkapan ruangan sesuai dengan kebutuhan atau perlu dilakukan penambahan ruangan sesuai standar kebutuhan pelayanan kesehatan sebagaimana amanat Permenkes 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas. “Relokasi ini merupakan aspirasi camat, sekcam, pihak puskesmas maupun masyarakat. Karena dengan relokasi pelayanan akan maksimal sesuai dengan standar,” ujarnya.

Terhadap rencana relokasi ini, Jun mengaku telah mendiskusikannya dengan Bappeda. Untuk anggaran pengadaan tanah relokasi ini, akan diusulkan untuk dianggarkan melalui APBD 2018. Untuk lahannya juga sudah dikoordinasikan dengan Camat Batu Lanteh guna mencari lokasi yang pas. “Kita usahakan untuk bisa direlokasi dan dibangun pada Tahun 2018. Karena penilaian terakhir akreditasi Puskesmas seluruh Indonesia pada tahun 2019. Jadi 2019-2020 itu semua puskesmas di Indonesia sudah terakreditasi,” imbuhnya.

Baca Juga  Bupati Ingatkan Kades Tertib Administrasi Kelola Keuangan Desa

Menanggapi rencana Dikes ini, Camat Batulanteh, Zubaidi mengaku masih mencari lahan yang cocok. Lahan tersebut harus luas minimal satu hektar, tanpa harus melewati lahan orang lain. Ia berharap lahan dimaksud dapat ditemukan agar dilakukan pembayaran Januari 2018. “Kalau sudah ada tanah, tinggal kita usulkan pembangunannya,” demikian Zubaidi. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb