2019, Nasdem Sumbawa Siap Rebut Palu Pimpinan DPRD

oleh -20 views
Ketua DPD Nasdem Sumbawa, H Asaat Abdullah ST

SUMBAWA BESAR, SR (13/10/2017)

Meski pelaksanaan pemilu legislative masih dua tahun lagi, namun DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sumbawa, sudah mempersiapkan diri. Sosialisasi dan berbagai kegiatan social intensif dilakukan. Tak hanya itu popularitas partai yang dipimpin H. Asaat Abdullah ST ini semakin terdongkrak menyusul sikapnya yang kerap memberikan kritikan konstruktif kepada pemerintahan Husni—Mo terutama soal program pembangunan di daerah. Tidak heran jika Partai Nasdem selalu dituding sebagai partai oposisi atau lawan politik.

Momentum ini bisa menjadi peluang bagi Nasdem untuk menarik simpatik masyarakat. Apalagi tokoh-tokoh penting di daerah ini sudah banyak yang bergabung dengan partai yang mengusung restorasi tersebut. Di antaranya H. Mustami H. Hamzah B.Sc SH—mantan Ketua DPC PDIP Sumbawa, dan Jamaluddin Afifi SH eks pengurus teras Golkar yang pernah tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Sumbawa. Belum lagi tokoh di tingkat desa yang memiliki pengaruh dan basis massa. Kendati demikian itu dirasakan belum cukup. Nasdem terus menyusun strategi untuk menjadi pemenang pada Pileg 2019 mendatang. “Pemilu 2019 nanti, Nasdem siap rebut palu pimpinan di DPRD Sumbawa,” tegas H Asaat Abdullah ST—Ketua Partai Nasdem Sumbawa kepada SAMAWAREA di sela-sela penyerahan berkas keanggotaan dan kepengurusan di Kantor KPU Sumbawa, Jumat (13/10).

Untuk mewujudkan semangat tersebut, Haji Saat—sapaan akrabnya, menargetkan 7 kursi dari 5 kursi yang ada sekarang ini. Ada beberapa daerah pemilihan (Dapil) yang diploting untuk meraih lebih dari satu kursi. Selain tetap mempertahankan Dapil II dengan raihan 2 kursi sekarang ini, peluang dua kursi juga akan diraih di daerah pemilihan 5 (Sumbawa, Moyo Hilir dan Moyo Hulu). Tidak menutup kemungkinan di Dapil 3 yang sempat kosong akan terisi. Tentu ini memerlukan kerja keras dan kesolidan, di samping selalu terjun ke masyarakat untuk mengadvokasi dan memperjuangkan aspirasi. Nasdem Sumbawa diakui Haji Saat memiliki sumberdaya manusia yang patut diandalkan. Merapatnya sejumlah tokoh menjadi salah satu factor yang bisa membuat Nasdem menjadi partai pemenang pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sumbawa. Logistik dan segala sesuatunya juga sudah siap. Bahkan banyak organisasi sayap yang dibentuk mulai dari tingkat pusat hingga tingkat ranting di setiap desa. Misalnya membentuk Komisi Saksi Nasional (KSN) terdiri dari 7 saksi di setiap kecamatan. KSN ini berdiri sendiri termasuk anggaran untuk operasionalnya langsung dari pusat tanpa melalui DPW maupun DPD Nasdem. Haji Saat mengaku bangga, salah satu kadernya, Chandra Wijaya Rayes ST yang menjabat sebagai Sekretaris DPD Nasdem Sumbawa dipercaya menduduki posisi sebagai Ketua KSN NTB yang pelantikannya 18 Oktober mendatang. Selanjutnya membentuk DPRT yang merupakan dewan tingkat ranting. DPRT ini sudah terbentuk di 148 desa dari 156 desa di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Jamaah Haji Sumbawa Selamat dari Tragedi Jamarat

Lebih jauh dikatakan Haji Saat, untuk menentukan bakal calon anggota legislative, Nasdem Sumbawa telah memploting 200 persen bakal calon anggota dari jumlah kursi yang disediakan. Misalnya di Dapil 5 ada 10 kursi maka bakal calon yang disiapkan ada 20 orang. Untuk mendapatkan 10 orang dilakukan proses seleksi dan survey yang hasilnya diekspos di DPW. “Jadi tidak asal comot, intinya caleg Nasdem nanti adalah orang-orang terpilih dan figur yang mumpuni,” imbuhnya.

Karena itu Haji Saat berpesan kepada semua kadernya untuk menjaga kekompakan, sigap dalam menyikapi persoalan masyarakat, mampu menjaga citra partai serta menjadi tauladan di masyarakat. “Ketika ini dilakukan, insya Allah akan mendapat kemenangan yang sempurna,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb