218 Calon Panwaslu Kecamatan Lulus Seleksi Administrasi  

oleh -12 views
Syamsi Hidayat SIP, Ketua Panwaslu Kabupaten Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (13/10/2017)

Sebanyak 218 calon anggota panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Sumbawa berhasil lulus seleksi administrasi. Hal ini setelah Kelompok Kerja Panwaslu Kecamatan yang diketuai Syaifullah S.AP dan Sekretarisnya, Irwansyah, melakukan pemeriksaan keabsahan dan legalitas berkas persyaratan administrasi calon anggota panwascam tersebut. Bagi calon yang dinyatakan lulus administrasi ini berhak mengikuti tes tulis pada Selasa, 17 Oktober 2017 mendatang. Lokasinya di Hotel Parahiyangan, Jalan Lintas Sumbawa—Bima, Kilometer 5 Sumbawa.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat S.IP yang ditemui SAMAWAREA, mengatakan, seleksi ini dilaksanakan untuk menghasilkan Panwaslu di tingkat kecamatan yang memiliki integritas sekaligus melaksanakan amanat UU No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No. 10 Tahun 2012 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bawaslu No. 10 Tahun 2016 tentang Perubahan keempat Peraturan Bawaslu No. 10 Tahun 2012 tentang Pembentukan, Pemberhentian, Penggantian Antar Waktu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Pengawas Pemilihan Umum Lapangan dan Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri.

Menurut Syamsi, Panwas Pemilu memiliki peranan penting dalam rangka mengawal pelaksanaan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pentingnya peranan Pengawas Pemilu karena semua pengaduan haruslah melewati satu pintu yaitu Pengawas Pemilu. Karenanya dalam melaksanakan tugasnya sangat diharapkan Pengawas Pemilu khususnya di tingkat kecamatan dapat bekerja secara professional serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat maupun temuan dari Panwas sendiri. Hal ini demi terwujudnya pemilihan umum yang jujur, adil dan demokratis.

Baca Juga  Tahapan Pilpres di Sumbawa Dimulai

Secara umum tugas Panwas sebagaimana yang diamanatkan undang-undang, yaitu mengawasi setiap tahapan pemilu, menerima pengaduan/laporan pelanggaran, menindaklanjuti serta menangani kasus-kasus pelanggaran terutama pelanggaran yang bersifat administratif dan merekomendasikan pada instansi yang berwenang untuk pelanggaran yang bersifat pidana pemilu. “Panwascam dituntut agar tetap mampu menjaga citra yang baik sebagai pengawas pemilu di tingkat kecamatan. Berbagai upaya yang di lakukan Panwascam dalam rangka mengawasi penyelenggaran pesta demokrasi seperti mensosialisasikan kepada masyarakat pentinganya Pemilu adil dan jujur,” demikian Syamsi. (JEN/SR)

https://www.samawarea.com/2017/10/inilah-pengumuman-hasil-seleksi-administrasi-calon-anggota-panwascam-se-kabupaten-sumbawa/

dukacita dukacita bankntb