Polres Sumbawa Ungkap Modus Baru Ilegal Logging

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/10/2017)

Berbagai modus dilakukan para pelaku ilegal logging untuk memuluskan aksinya. Salah satunya memalsukan dokumen online. Meski demikian aparat penegak hukum sangat jeli. Setelah mengamankan satu truk kayu asal Kempo Kabupaten Dompu, kali ini kembali diamankan satu truk kayu dari daerah yang sama. Dua truk itu diduga memiliki dokumen online palsu. Hal ini berhasil diungkap anggota Polres Sumbawa dan petugas KPH, Jumat (6/10) kemarin. Dalam pemeriksaan, dokumen online yang ada tidak sesuai dengan dokumen fisik yang dibawa menyertai pengangkutan kayu tersebut. “Kami mengamankan kayu itu di wilayah Kecamatan Empang dalam perjalanan dari Dompu,” kata Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP. Elyas Ericson SH SIK, Sabtu (7/10) kemarin.

Untuk satu truk penangkapan pertama, ungkap Ericson, menyatakan bahwa dokumennya palsu. Ini berdasarkan keterangan saksi ahli dari provinsi. Sebab, barcode (kode batang) dokumen onlinenya menyebutkan untuk kayu daerah Donggala, Sulawesi. Tapi dokumen itu dipalsukan untuk daerah yang bukan Sulawesi. “Jadi kami usut dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen yang dijuntokan dengan pasal tindak pidana ilegal logging. Kami sudah mengidentifikasi calon tersangkanya,” kata Ericson.

Kemudian untuk kayu penangkapan kedua ini, menurut Ericson, asal kayunya dan modusnya juga sama, tapi dari perusahaan berbeda. Meski terindikasi kuat terjadi pemalsuan dokumen, pihaknya harus melakukan pemeriksaan saksi ahli dari kehutanan. “Kasus ini merupakan kasus baru. Kami harus melengkapi seluruh alat bukti agar kasusnya tidak berhenti di tengah jalan,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kadis Dikpora NTB Palsu Nyaris Tipu Sejumlah Sekolah