Besok PenetapanPemenang Tender Pasar Brang Bara

oleh -2 views
Kabag LPBJP Setda Sumbawa, Abdul Malik, S.Sos,

SUMBAWA BESAR, SR (04/10/2017)

Tender ketiga proyek Pembangunan Pasar Modern Brang Bara Kabupaten Sumbawa sudah masuk tahapan klarifikasi. Dalam tahap ini calon penyedia akan dipanggil untuk dicek dokumennya guna memastikan yang diupload benar atau tidak. “Kalau itu benar, besok kita panggil lagi untuk pembuktian apakah yang diupload itu juga sesuai dengan fisiknya yang ditunjukkan ke kami. Misalnya SKT tukang baja, kita cek apakah betul punya SKT atau tidak,” kata Kabag LPBJP Setda Sumbawa, Abdul Malik, S.Sos, kepada wartawan, Rabu (4/10).

Dari 10 calon rekanan yang mengajukan penawaran, ungkap Malik, sudah dievaluasi. Hasilnya ada dua perusahaan yang memiliki bukti dukungan pabrik baja. Dua perusahaan ini kemudian dicek, ternyata salah satunya dukungan dari pabriknya palsu. “Jadi tinggal satu perusahaan yang memberikan dukungan dari pabrik. Dan sudah ada balasan dari pabriknya. Itulah yang kita klarifikasi hari ini,” beber Malik.

Selanjutnya calon rekanan ini akan dihadirkan Kamis (5/10) besok untuk pembuktian memastikan yang diupload dalam dokumen penawaran sama dengan dokumen yang ditunjukkan kepada panitia lelang. Jika singkron, maka sudah bisa ditentukan pemenang tender. Sebaliknya jika tidak sesuai, terpaksa kembali gagal tender. “Kalau tidak sesuai dokumen yang diupload secara online dengan bukti yang diperlihatkan ke kami, sudah pasti gagal tender,” imbuhnya.

Ketika tender ketiga ini gagal, ungkap Malik, dari waktu yang tersedia tidak memungkinkan lagi dilakukan tender ulang meski seperti apapun kajian tekhnisnya tidak akan bisa. Namun ketika tender ketiga ini berhasil, 70 hari waktu tersisa secara kajian tekhnis bisa dikerjakan.  Tentunya pengerjaannya harus dominan menggunakan tenaga mesin. System pekerjaannya pun dibagi dalam tiga shif yakni pagi, siang dan malam hari.

Baca Juga  Kuota CJH Sumbawa Tahun 2016 Bertambah

Untuk diketahui berdasarkan data yang diperoleh SAMAWAREA pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sumbawa, penetapan pemenang lelang dilakukan 5 Oktober besok sekaligus pengumuman pemenang. Selanjutnya 6 Oktober masa sanggah hasil lelang, lalu 11 Oktober diterbitkan surat penunjukan penyedia barang/jasa. Sehari kemudian, 12 Oktober, penandatanganan kontrak.

Seperti diberitakan, Proyek Pembangunan Pasar Modern Brang Bara sudah dua kali gagal tender. Kini untuk ketiga kalinya proyek senilai Rp 6 miliar yang dialokasikan dari dana TP Kementerian Perdagangan Tahun 2017 ini kembali ditender dan prosesnya sudah mulai dilakukan. Sebelumnya tender pertama gagal pada pertengahan Agustus, lalu gagal lagi untuk tender kedua awal September kemarin. (JEN/SR)

iklan bapenda