Pergi Haji Bersama Istri, Pulang ke Tanah Air Seorang Diri

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/10/2017)

Isak tangis mewarnai kedatangan Ismail—salah seorang jamaah haji asal Kabupaten Sumbawa. Saat tiba di Kantor Bupati Sumbawa, Senin (2/10) siang, Ismail langsung diserbu anak dan keluarganya. Betapa tidak, sebelumnya Ismail berangkat menunaikan Rukun Islam yang kelima bersama istrinya, Sumarni Binti Usman Mustafa. Namun jamaah haji yang tinggal di BTN Olat Rarang, Desa Labuan Sumbawa Kecamatan Badas ini pulang seorang diri. Pasalnya, istrinya Sumarni meninggal dunia di Madinah saat persiapan pulang ke tanah air. Sumarni menghembuskan napas terakhir pada 24 September lalu karena menderita penyakit jantung komplikasi. Sumarni meninggal setelah melaksanakan semua Rukun Haji. Selain Sumarni, jamaah haji asal Kabupaten Sumbawa yang meninggal dunia adalah Muhammad Ismail. Jamaah haji dari Kecamatan Rhee ini meninggal akibat serangan jantung di Bandara Madinah.

Ismail disambut isak tangis anak-anaknya

Menurut Ketua Kloter, Suryanto S.Ag yang juga Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Sumbawa, Ismail meninggal dunia ketika dalam perjalanan pulang ke tanah air. Saat pemeriksaan di Imigrasi Bandara, Ismail ijin beristirahat di kursi. Tanpa diduga Ismail menghembuskan napas terakhir. “Dari 348 jamaah haji, yang pulang ada 346 orang karena dua jamaah meninggal dunia di Madinah,” kata Suryanto.

Terkait dengan hak-hak kedua jamaah yang meninggal ini, Suryanto mengaku akan mendapatkan asuransi. Untuk Sumarni, pihaknya sudah membawa dokumen kematiannya dan telah diserahkan ke Kementerian Agama Provinsi NTB untuk bahan kepengurusan mendapatkan asuransi. Sedangkan barang-barang almarhumah sudah diserahkan oleh Pemerintah Arab Saudi langsung kepada suaminya. Kemudian untuk Almarhum Ahmad Ismail masih dalam pengurusan. Semua dokumen almarhum sepenuhnya diurus Kedutaan Arab Saudi. Ini terbilang berbeda mengingat Ahmad Ismail meninggal dunia dalam proses perjalanan tanpa adanya riwayat atau keluhan sakit.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Pemerintah Berupaya Maksimal Cegah Meluasnya Wabah Korona
Ketua Kloter, Suryanto S.Ag yang juga Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Sumbawa

Disinggung jamaah lainnya, Suryanto mengaku dalam kondisi sehat dan pulang dengan selamat meski masih terlihat kelelahan. Selama melaksanakan ibadah haji, Suryanto bersyukur karena para jamaah asal Sumbawa ini cukup mandiri dan tidak merepotkan petugas. Pihaknya hanya mengarahkan apa yang akan mereka kerjakan, dan mereka langsung paham. “Tinggal yang kami urus jamaah yang beresiko tinggi dan yang menggunakan kursi roda. Jadi beban kita tidak terlalu berat karena jamaahnya sangat mandiri dan paham apa yang dia kerjakan,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb