Yachter Sail Indonesia Antusias Ikut Transplantasi Terumbu Karang

oleh -90 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (04/09/2017)

Isu-isu pemanasan global, penyelamatan lingkungan, menjaga kelestarian laut menjadi isu global yang mendapat perhatian tersendiri dari para yachter. Agenda Biodiversity and Concervation Tour Transplantasi Terumbu Karang yang digagas oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa bersama komunitas kreatif Adventurous Sumbawa menjadi sesi yang antusias diikuti oleh para yachter. Bertempat di perairan Ai Lemak Tanjung Menangis Kelurahan Brang Biji, belum lama ini, para yachter dengan fasilitas boat Basarnas NTB dan Pengawas Perikanan bertolak dari Dermaga Pantai Goa menuju perairan Ai Lemak Tanjung Menangis.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata M. Irfan bersama Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Rachman Ansori yang turut mendampingi agenda tour ini menjelaskan bahwa obyek wisata perairan Ai Lemak memiliki biota bawah laut yang sangat indah dan alami. “Lokasi yang tepat untuk diving maupun snorkling adalah melihat pemandangan bawah laut Ai Lemak yang indah,” sebut Epun sapaan akrab pejabat daerah yang merangkap seniman ini.

Selanjutnya Epun member penjelasan singkat bahwa di lokasi ini, tepatnya di ujung Tanjung Menangis terdapat cerita rakyat yang melegenda di kalangan masyarakat Sumbawa. “Ke depan, dinas kami akan mengusulkan kepada instansi yang berwenang agar wilayah ini dapat menjadi zona konservasi untuk menunjang pariwisata Sumbawa,” papar Epun.

Mrs. Jacqueline Malo yachter asal Kanada sangat mengapresiasi wisata konservasi ini. “Teman-teman yachter sangat senang dan menikmati wisata ini. Selain dapat melihat keindahan bawah lautnya dengan bersnorkling maupun diving, kami bisa melakukan kegiatan konservasi alam, membantu menanam terumbu karang,” kata Jacqueline  yang didampingi tour guides Ilman Fiansyah.

Ia berharap agar kegiatan ini terus menjadi agenda tahunan pariwisata, baik di tempat ini maupun di perairan lainnya di Sumbawa. Jacqueline yang dalam perjalanan laut kembali ke Dermaga Pantai Goa berjanji suatu saat nanti akan kembali ke Sumbawa untuk menikmati keindahan terumbu karang yang ditanam hari ini. (JEN/SR)