Merugi, Hotel Grand Royal Taliwang akan Ditutup

oleh -13 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (28/09/2017)

Grand Royal Taliwang Hotel (GRTH) yang merupakan hotel bintang tiga satu-satunya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengalami kerugian berkepanjangan. Sebab pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan. Segala macam cara sudah dilakukan untuk meningkatkan pendapatan tapi tetap saja sepi pengunjung. “Apabila sampai Tahun 2018 belum ada peminatnya kemungkinan hotel ini akan kami tutup,” kata Anisa—pengelola GRTH saat ditemui SAMAWAREA, Rabu (27/9) kemarin.

amdal

Selain mengalami kerugian ungkapnya, pihaknya memiliki hutang di bank. Tahun ini kata Annisa, untuk mengkafer kebutuhan gaji dan biaya oprasional hotel menggunakan piutang bank. Pasalnya tingkat hunian yang begitu rendah, terkadang per bulan hanya satu kamar, bahkan tidak ada samasekali. Karena itu untuk mengefisienkan pengeluaran sudah dilakukan mulai dari pengurangan karyawan dari 130 menjadi 35 orang. Jumlah ini sudah tidak mungkin dikurangi karena sudah sangat minimal.

Sebenarnya diakui Anisa, Tahun 2016 lalu hotel ini ditutup karena kondisinya sangat sepi. Namun saat itu ownernya datang meminta untuk dilanjutkan. Keputusan ini hanya untuk memenuhi rasa kemanusiaan guna kelangsungan pekerjaan para karyawan. Anisa menyatakan bahwa GRTH sulit berkembang karena wisatawan atau tamu ke KSB masih minim, ditambah lagi tidak adanya dukungan pemerintah daerah.

Terkait adanya isu GRTH akan dijual, Anisa tidak menampiknya. Keinginan untuk menjual GRTH ini sudah dilakukan sejak tahun lalu namun sampai sekarang sekarang belum ada peminatnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  TGB Lakukan Berbagai Pertemuan Produktif di Korsel