Bibit Ternak untuk Program Bariri Belum Capai Target

oleh -3 views
Kabid Peternakan DPPP KSB, Kusmirin

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PMPD SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR ( 28/09/2017)

Hingga September 2017 ini, Program Pemerintah Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) Bariri Ternak untuk pengadaan bibit sapi masih belum bisa memenuhi target. Hal ini diakui Kepala Bidang Peternakan di Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan,  Kusmirin.

Kepada SAMAWAREA, ia mengatakan belum terpenuhinya target ini karena pihaknya harus selektif memilih ternak yang dibawa rekanan. Tentunya bibit sapi ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu sapi siap kawin dan sapi yang sudah memiliki adik. Sampai sekarang, ungkap Kusmirin, rekanan terus bekerja. Kemarin, rekanan membawa 60 ekor bibit sapi namun hanya 20 ekor yang sesuai kriteria tersebut. “Kami harus selektif karena nanti kami juga akan diperiksa oleh BPK. Yang lebih parah lagi kami didemo masyarakat. Ini yang kami hindari. Kami harus tunjukkan kepada masyarakat bahwa kami benar-benar melaksanakan aturan,” ucapnya.

Persoalan lainnya lanjut Kusmirin, banyaknya pengiriman sapi dari NTB keluar daerah seperti NTT, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Sumatera. Informasinya belum lama ini pengiriman  terakhir ke Maluku sekitar 400-an ekor. “Jadi kita harus bersaing dengan pelele dari luar,” imbuhnya.

Meski demikian, Ia meyakini keterlambatan tersebut hanya sampai satu bulan. Kemudian bulan depan semua masyarakat selaku penerima sudah menerima bantuan sapi. “Yang sudah dibagikan kepada masyarakat masih setengah dari target, sedangkan untuk jenis yang lain seperti kerbau, kuda, kambing, dan unggas sudah bisa terpenuhi,” demikian Kusmirin. (HEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  BPAD KSB Optimis PAD Meningkat