KUPT SD dan PAUD Diminta Komit Percepat Pemenuhan SPM Dikdas

oleh -1 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (27/09/2017)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, kembali menggelar sosialisasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar (Dikdas). Kali ini kegiatan dipusatkan di Hotel Suci Sumbawa Besar, Rabu (27/9).

Kasubag Tugas Pembantuan Dinas Dikbud, Muhammad Husnul Alwan S.Ag, dalam laporannya meminta semua pihak berkompeten menyatukan visi sehingga ada kesamaan komitmen untuk mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar (Dikdas). Termsuk dalam hal ini Kepala UPT Dinas Dikbud yang ada di seluruh kecamatan. Untuk diketahui kata Alwan, pengenalan SPM ini sudah dilakukan terhadap seluruh stakholder pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas dan komponen pendidikan lainnya.

Dia juga menginformasikan bahwa dengan adanya kebijakan baru terkait dengan pemenuhan SPM ini, yakni adanya keharusan SPM untuk diakomodir dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) Sekolah, maka sekolah harus segera melakukan penyusunan. Ini diperlukan karena RKJM juga menjadi persyaratan untuk pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberlakukan mulai tahun ini. “Ketika ada sekolah yang belum menyusun RKJM, otomatis pencairan dana BOS nya tidak bisa diproses,” terang Alwan seraya menambahkan penjabaran dari RKJM ini adalah Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah.

Jadi sekolah sambungnya, harus mencantumkan beberapa program pencapaian SPM dalam RKT Sekolah, agar percepatan pencapaian SPM dapat terealisasi setiap tahunnya. Atau dengan kata lain dalam kurun waktu 4 tahun mendatang, pencapaian SPM sudah dapat terwujud. Karena itu, Alwan berharap Kepala UPT Dikbud dapat melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap seluruh sekolah, dalam rangka untuk memastikan program pencapaian SPM ini diselenggarakan oleh setiap sekolah.

Baca Juga  SMPN 1 UI Gratiskan Pakaian Seragam

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Sahabuddin, S.AP, M.Si, dalam arahannya meminta semua pihak termasuk Kepala UTP SD dan PAUD, memiliki komitmen yang sama untuk secara bersama-sama menciptakan sekolah yang bermutu yakni sekolah yang memenuhi Standar Pelayanan Mimimal (SPM).

Untuk diketahui kata Sahabuddin, dalam upaya percepatan pemenuhan SPM di Kabupaten Sumbawa, Pemda melalui Dikbud, telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan ruang kelas baru dan pengadaan meubleur. Tahun ini sebutnya, ada 41 ruang kelas yang mendapatkan meubleur. Selain program yang telah dilakukan pemerintah sambung Sahabuddin, diharapkan kepada Kepala UPT SD dan PAUD, melakukan upaya lain. Yakni melakukan pendekatan kepada seluruh stakholder, termasuk anggota DPRD Sumbawa, agar program aspirasi dapat diarahkan untuk peningkatan SPM.

Langkah selanjutnya yang bisa ditempuh dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan pihak ketiga lainnya. Ini dimaksudkan agar semua pihak dapat memberikan dukungan kepada peningkatan fasilitas sekolah sesuai dengan indikator pemenuhan SPM. (JEN/SR)

 

iklan bapenda