Ayo !!! Sukseskan JUMBARA PMR di Bumi Perkemahan Desa Pelat

oleh -11 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (27/09/2017)

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa kembali menggelar JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira). Kegiatan yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Desa Pelat Kecamatan Unter Iwis, 2—8 Oktober mendatang ini diikuti oleh anggota PMR mewakili kelompok SMP dan SMA sederajat. Event tahunan ini bakal semarak karena selama seminggu full digelar beragam kegiatan. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan pada tahun ini “Ceria, Cerdas, Bersahabat”.

Ketua Panitia Penyelenggara, Andi Rusni SE yang ditemui SAMAWAREA, Rabu (27/9), mengatakan, kegiatan Jumbara PMR 2 PMI Sumbawa ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan besar. Untuk kegiatannya dibagi dalam tiga kategori. Yaitu JUMpa, meliputi traveling kepalangmerahan, kreasi remaja berupa poster dan majalah dinding, serta peningkatan keterampilan. Untuk keterampilan ini diajarkan dan disimulasikan cara memberikan pertolongan pertama, remaja sehat peduli sesame (PK), rangking satu kepalangmerahan, pasang bongkar tenda dan tandu darurat. Kemudian Kegiatan BAkti terdiri dari bhakti social dan bhakti masyarakat, penyuluhan kesehatan dan K3 (Kebersihan, Kerapian, Keindahan). Selanjutnya, kegiatan gembiRA seperti defile, paduan suara, pentas seni, olahraga persahabatan, anjangsana, dan kontingen favorit.

Digelarnya Jumbara ini ungkap Andis—akrab ia disapa, bertujuan untuk mengakomodir minat kemanusiaan di kalangan anggota PMR, memasyarakatkan kegiatan kepalangmerahan, dan untuk memperoleh kesamaan bahasa dan langkah bagi Pembina, pelatih dan anggota PMR dalam menghayati kegiatan PMR. Selain itu, untuk menilai sejauhmana keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan PMR di masing-masing kelompok sekolah, maupun untuk penguatan kualitas remaja serta menjadikan anggota PMR sebagai contoh dalam berprilaku hidup sehat. “Kami ingin dari kegiatan ini akan tumbuh kesadaran dan minat generasi muda dalam bidang social kemanusiaan serta tercapainya sumberdaya manusia yang handal dalam organisasi PMI,” harap Andis yang juga Anggota DPRD Sumbawa ini.

Baca Juga  Meski Dibidik Calon Gubernur, Prof Ude Masih Bersikap Pasif

Mengingat generasi muda adalah penerus cita-cita pengabdian PMI di tengah masyarakat, Andis yang merupakan pengurus PMI ini menghendaki agar PMR kelak menjadi manusia Indonesia yang berprikemanusiaan, berbudi luhur, dan sukarela membantu sesame. Di samping itu PMR dipersiapkan sebagai kader PMI. Karenanya mereka perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan jenjang usianya. Di samping itu PMI berupaya meningkatkan kemampuan anggota PMR dalam menolong anggota keluarga dan masyarakat sesuai dengan kewenangan bila menghadapi siapa saja yang membutuhkan pertolongan. “Ayo sukseskan JUMBARA PMR 2 PMI Kabupaten Sumbawa untuk melahirkan relawan remaja PMI yang berkualitas,” cetusnya. (JEN/SR)

 

iklan bapenda