Sedekah Lawang Desa Wujud Syukur Masyarakat Moyo Hulu

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (25/09/2017)

Sedekah Lawang Agung oleh masyarakat Kecamatan Moyo Hulu berlangsung khidmat dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Gerbang Desa Pernek, belum lama ini, dilaksanakan sebagai rangkaian Festival Pesona Moyo 2017. Maknanya sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, dan ajang untuk memupuk tali silaturrahim antar masyarakat diiringi dengan doa bersama untuk memohon kepada yang kuasa, agar dalam berusaha selalu diberikan kemudahan dan rezeki.

amdal

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah yang membuka kegiatan itu mengatakan bahwa Sedekah Lawang Agung ini merupakan tradisi yang sarat dengan makna berupa pelajaran hidup bagi masyarakat. Tradisi ini mengingatkan masyarakat khususnya para generasi muda Sumbawa akan kekayaan jenis-jenis kuliner tradisional khas Sumbawa seperti, petikal, buras, range’, onde-onde dan beberapa penganan lainnya, sehingga kekayaan tradisi tersebut dapat dilestarikan. Hal terpenting yang dapat diambil dari tradisi tersebut  adalah meningkatkan rasa persaudaraan, saling bersilaturrahmi antar sesama, mempertahankan adat dan budaya kearifan lokal. Selain itu mengajarkan masyarakat untuk saling mengasihi, saling memberi dan berbagi secara ikhlas, dan mengajarkan kepada para generasi muda untuk saling tolong-menolong dan bergotong royong, mengingat akan selalu ada acara yang melibatkan para remaja seperti Pawai Budaya dan Malam Pentas Seni. ”Kita semua menyadari betapa pentingnya memelihara nilai-nilai luhur jati diri kita Tau Samawa karena dengan tetap melestarikan kearifan lokal yang ada, kita memiliki pondasi yang baik dalam membawa daerah ini menuju Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” imbuhnya.

Baca Juga  Sumbawa Minta Bantuan Polandia Relokasi RSUD dan Bangun Dermaga

Di akhir sambutannya Wakil Bupati memuji tradisi tersebut cukup unik, berkenaan dengan lokasi acara yang berada di gerbang utama juga menyiratkan masyarakat sekitar wilayah Moyo Hulu memiliki semangat gotong-royong, ikatan persaudaraan dan jiwa sosial yang tinggi, sehingga bisa menjadi daya tarik wisata di wilayah Moyo Hulu. (JEN/SR)

 

iklan bapenda