Bupati Harap Alumni SMAN 2 Sumbawa Bisa Memajukan Sumbawa

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (25/09/2017)

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memajukan pendidikan secara umum dan meningkatkan kualias sekolah. Ini bisa dilakukan oleh sekolah bersangkutan maupun para alumninya. Karenanya alumni sebagai masyarakat yang memiliki hubungan khusus dan ikatan bathin terhadap sekolah, memiliki peranan dan tanggungjawab bagi pengembangan mutu sekolah bersangkutan. Sebagaimana dikatakan Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd pada Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni SMA Negei 2 Sumbawa Besar, belum lama ini.

amdal

Bupati menilai, keberadaan ikatan alumni penting tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahim, namun juga wadah untuk mengoptimalkan eksistensi dari alumni itu sendiri dalam mewujudkan kemajuan sekolah ataupun pendidikan. Namun disadari masih sedikit  yang merasa peduli dengan eksistensi alumni dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Karena itu ia optimis terbentuknya Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Sumbawa ini akan memberikan peran yang tidak kecil dan menjadi ujung tombak dalam memajukan pendidikan, meningkatkan kualitas sekolah dan memotivasi siswa yang kini sedang menuntut ilmu di sekolah setempat.

Bupati berharap alumni SMA Negeri 2  Sumbawa bisa lebih bersinergi dengan alumninya. Sebab ikatan keduanya berkorelasi positif. Misalnya, dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang produktif di sekolah. Alumni juga dapat berperan sebagai katalis dengan memberikan berbagai masukan kritis dan membangun almamater. Alumni yang berprestasi dan memiliki kompetensi yang mumpuni dapat memainkan fungsi penting dalam membangun opini publik untuk menarik minat calon siswa baru. Alumni, disadari atau tidak, merupakan salah satu acuan utama yang mendasari keputusan para orang tua dan calon siswa dalam menentukan pilihan sekolah. Kemudian sebagai produk utama dari pabrik pendidikan bertajuk sekolah juga diharapkan mampu mengembangkan jaringan dan membangun pencitraan insitusi di luar. Keberadaan alumni di berbagai bidang usaha, lapangan pekerjaan dan institusi pendidikan dapat memberikan gambaran dan inspirasi kepada para siswa, sehingga pada gilirannya dapat memotivasi mereka dalam menentukan prioritas dan cita-cita ke depan. ‘’Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan sangat tinggi dengan terbentuknya ikatan alumni yang sudah dilakukan SMA Negeri 2 Sumbawa ini. Salah satu harapan agar bisa bersama pemerintah memajukan daerah ini lebih baik lagi,’’ pinta Bupati.

Baca Juga  Lakukan Kekerasan, Oknum Guru BP Dipolisikan Siswa

Sementara Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Sumbawa peiode 2017-2019, Adi Pranajaya menyatakan sebuah keniscayaan semua siswa yang sukses menjalani masa pendidikan di sekolah pada akhirnya akan menjadi alumni. Artinya, salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan. ‘’Seperti yang disampaikan Pak Asisten yang juga lulusan SMA Negei 2 Sumbawa ini tentang peran alumni, sehingga berkewajiban bagi kami para lulusan SMA Negei 2 Sumbawa untuk lebih kreatif memajukan sekolah dan pendidikan serta bisa menjadi mitra pemerintah dalam memajukan daerah ini,’’ jelasnya.

Dikatakan Adi, ikatan alumni ini mungkin masih awal. Namun dia yakin ke depannya para yunior akan meneruskannya dan memainkan perannya dalam memajukan daerah ini. dia optimis banyak alumni SMA Negeri 2 yang tersebar dan sukses di berbagai bidang. “Semoga rekan-rekan alumni baik angkatan pertama tahun 1980 sampai yang terakir, memiliki visi yang sama, dalam memajukan daerah ini. Inilah salah satu tujuan utama melahirkan ikatan alumni, dengan melibatkan hampir semua angkatan lulusan SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Yang sempat hadir tidak hanya datang dari Mataram, bahkan dari Riau sampai Jakarta. Ternyata alumni SMA 2 Sumbawa banyak yang menjadi kepala dinas dan menduduki peran penting di pemerintahan di Kabupaten Sumbawa sekarang ini, termasuk Asisten I Bupati ini. Ini sangat luar biasa,’ ’puji Adi Pranajaya.

Baca Juga  Batu Pertama Diletakkan Wagub Rohmi, Masjid Raudlatul Jannah Mulai Dibangun

Selain dihadiri Kepala SMA Negeri 2 Sumbawa Drs M Tahir S.Pd, M.Pd yang melantik ikatan alumni, ada juga guru senior, seperti H Sukarjo BA dan beberapa guru senior lainnya. Ikatan alumni juga melakukan MoU dengan PWI Sumbawa. (JEN/SR)

 

iklan bapenda