Bendungan Beringin Sila Siap Dibangun

oleh -9 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (25/09/2017)

Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa siap dibangun. Komitmen ini ditandai dengan digelarnya Konsultasi Publik di Aula Kantor Kepala Desa Motong Utan. Konsultasi itu dalam rangka AMDAL bendungan tersebut yang dihadiri langsung oleh Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc, Kepala BWS NT 1 Propinsi NTB, Ir. Asdin, Kepala Dinas PUPR Sumbawa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kabag Pertanahan Setda. Konsultasi Publik ini diprakarsai oleh Dinas PUPR Kab Sumbawa dan PT. Terasis Erojaya selaku Penyusun Dokumen AMDAL.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa mengharapkan dukungan segenap masyarakat agar rencana itu berjalan sesuai dengan harapan, karena Bendungan Beringin Sila ini sudah dinantikan masyarakat sejak 20 tahun lalu. ”Manfaat Bendungan Beringin Sila bukan hanya dinikmati oleh warga yang punya sawah dan lahan pertanian, akan tetapi dirasakan semua masyarakat secara luas, karena bendungan ini bermanfaat pula sebagai obyek wisata,” kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa, L. Suharmaji K ST mengungkapkan, Beringin Sila ini bisa dikatakan sebagai bayi ajaib. Seyogyanya perencanaan untuk pembangunan sebuah bendungan memerlukan waktu 5 sampai 10 tahun, namun proses–proses yang luar biasa telah dilaksanakan oleh pemerintah untuk kelancaran pembangunan.

Hal senada dikatakan Kepala BWS NT 1 Propinsi NTB, Ir. Asdin menyatakan, bahwa Bendungan Beringin Sila ini bagai mimpi dan merupakan karunia bagi Kabupaten Sumbawa dan Kecamatan Utan pada khususnya, karena manfaat yang luar biasa. Kedepan masyarakat diminta mendukung penuh pembangunan bendungan yang direncanakan akan menghasilkan air irigasi untuk lahan sekitar 4.300 Ha, sumber air baku untuk air bersih 85 liter/detik dan sumber listrik (PLTMH) 300 Kilo Watt. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Hari Libur, Bupati Komandani Gotong-royong Bedah Rumah