Polisi Gagalkan Pengiriman 14 Kubik Kayu Asal Kempo Dompu

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/09/2017)

Gara-gara ada perbedaan antara dokumen fisik yang dipegang sopir dengan dokumen online, anggota Polres Sumbawa terpaksa mengamankan satu truk kayu asal Kempo Kabupaten Dompu. Ketidakcocokan data kayu itu membuat polisi curiga. Kini truk beserta kayu sedang dalam pengecekan lebih lanjut.

amdal

Kapolres Sumbawa melalui Kasat Reskrim, AKP Elyas Ericson SH SIK, Jumat (22/9) mengatakan truk bermuatan kayu itu diamankan jajarannya ketika sedang berpatroli di SPBU KM 4 Jalan Lintas Sumbawa-Bima, Kamis (21/9) sore. Awalnya, ada enam truk kayu yang menggunakan dokumen online. Namun setelah diperiksa, dokumen online kayu di lima truk tersebut sudah cocok. Hanya satu truk yang masih perlu diselidiki lagi karena ada perbedaan data di dokumen fisik yang dipegang sopir dengan dokumen online.

Truk yang diamankan ini ungkap Ericson, mengangkut 14 kubik kayu Rimas dari Kempo, Kabupaten Dompu yang rencananya dibawa ke Lombok Timur. Selain truk dan kayu, sopir dan kondekturnya juga ikut diamankan. “Kami sudah berkoordinasi dengan KPH. Selanjutnya KPH mengecek dokumen online kayu itu di Jakarta,” ujarnya.

Hasil pengecekan KPH, terungkap ada ketidak-cocokan antara nomor dokumen online kayu dengan dokumen fisiknya. Guna pemeriksaan lebih lanjut, pihaknya akan memeriksa saksi ahli dari provinsi. “Hanya saksi ahli yang bisa memastikan dokumen online kayu itu. Apabila menurut saksi ahli dokumennya cocok, maka kayu itu akan langsung dilepas,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Wabup Fud Sebut 9 Dinas di KSB Rugikan Daerah