RSUD Asy-Syifa Dapat Bantuan Alat Deteksi Penyakit TBC Kebal

oleh -7 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (19/09/2017)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat bantuan dari Propinsi NTB, alat Tes Cepat Molukuler (TCM). Peralatan medis dengan merk Bene Xpert ini berfungsi untuk mendeteksi penyakit Multi Drugs Resisten TBC atau penyakit TBC yang kebal terhadap obat.

Ditemui SAMAWAREA, Direktur RSUD Asy-Syifa, dr. Carlof Sitompul mengatakan bantuan alat tersebut untuk memperkuat pelayanan terhadap masyarakat terutama penanganan kasus penyakit TBC.  “Kami telah memiliki alat TCM bantuan dari propinsi untuk mendeteksi penyakit TBC yang kebal terhadap obat. Penyakit TBC memiliki tingkatannya. Setiap tingkatan butuh penanganan yang berbeda dan obat yang berbeda. Untuk mengetahui tingkat penyakit seseorang khususnya penyakit TBC harus menggunakan alat TCM,” jelasnya.

Diakui Dokter Carlof, angka rujukan penyakit TBC yang kebal obat di KSB cukup tinggi. Awal tahun ini saja sudah 43 orang pasien yang dirujuk ke Mataram karena memang KSB belum memiliki alat TCM. Dengan adanya alat ini, pihaknya bisa melakukan deteksi. Jika terdeteksi akan mudah ditangani tanpa harus dirujuk ke Mataram. “Dari segi medis dan obat-obatan kita sudah lengkap. Dengan ditambahnya alat TCM ini maka penanganan penyakit TBC di KSB akan maksimal,” imbuhnya.

Untuk diketahui alat TCM ini sudah mulai beroperasi awal Agustus 2017 lalu. Sudah banyak pasien TBC yang sudah tertangani. Ia berharap dengan adanya alat ini semakin memotivasi jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik. (HEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Rumah Zakat Hadirkan Bank Sampah di Desa Jorok