Sempat Diprotes, Jembatan Gantung Utan Capai 40 Persen

oleh -10 views
Jembatan Utan
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (15/09/2017)

Jembatan Gantung Utan yang sempat dipermasalahkan masyarakat karena dianggap pengerjaannya asal-asalan, kini fisiknya telah mencapai 40 persen. Selain itu pelaksanaannya kini sudah tidak ada persoalan.

Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumbawa, Lalu Suharmaji ST saat dikonfirmasi SAMAWAREA, Jumat (15/9) sore tadi, mengakui hal itu. Memang sempat ada persoalan karena proses pengerjaannya diprotes warga. Sebab kayu yang digunakan diduga menyalahi spesifikasi. Ia langsung menginstruksikan PPK Pengawas dan PPK Pembangunan untuk turun ke lapangan bersama Kepala Bidang. Tiga hari kemudian, pihaknya menurunkan Tim Ahli Kayu yang sudah bersertifikat. Dari hasil pemeriksaan 363 batang kayu terdapat 19 kayu yang tidak bisa terpakai dan diganti dengan kayu yang sesuai spesifikasi. “Semua sudah klir, tidak ada polemic lagi, tinggal kita selesaikan karena jembatan gantung ini merupakan Cagar Budaya Sumbawa yang dilintasi jalan nasional,” kata Suharmaji.

Ia berharap proyek senilai Rp 1,18 Milyar ini dapat tuntas sesuai kontrak (November 2017). Artinya masih ada tiga bulan lagi yang bisa terkejar. “Minimal sebelum kontrak berakhir, pengerjaan jembatan ini sudah selesai, agar ada pengecekan kami lakukan bersama TP4D,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, perwakilan masyarakat Kecamatan Utan mengadukan temuannya ke DPRD Sumbawa yang kemudian ditindaklanjuti dengan hearing difasilitasi Komisi III. Hadir dalam pertemuan yang dipimpin Rusli Manawari selaku Ketua Komisi III, di antaranya PPK dan pejabat dari Dinas PUPR Sumbawa, pegiat LSM, tokoh masyarakat Utan, dan konsultan pengawas. Pertemuan itu tanpa dihadiri kontraktor dan Dinas Kehutanan. Sejumlah persoalan mengemuka. Mulai dari material kayu tidak sesuai spesifikasi, bagian-bagian jembatan yang belum terpasang, konsultan pengawas yang tidak melaksanakan tugasnya, hingga mempermasalahkan rekomendasi kehutanan soal kayu jembatan. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Sumur Wakaf ke-15 Global Wakaf-ACT DIY Diresmikan