Kemarau, Tanaman Padi “Orong Monar I” Tetap Subur

oleh -8 views

SUMBAWA BARAT, SR (13/09/2017)

Musim kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuat banyak petani lebih memilih tidak menanami lahannya. Namun lain halnya dengan petani yang tergabung dalam Kelompok Orong Monar I Kecamatan Barang Rea yang tetap memanfaatkan lahannya dengan menanam padi. Mereka mengatur pola pengairan pada tanamannya sehingga terlihat subur.

Ketua Kelompok Orong Monar I, Illimuddin yang ditemui SAMAWAREA, Rabu (13/9) mengatakan meski sudah memasuki musim kemarau, namun tanaman padinya masih terlihat subur. Memang diakui debit air bendungan Kalimantong II berkurang. Karena itu diberlakukan jadwal 3 hari mengairi dan 15 hari stop untuk tanaman padi seluas 45 hektar. Untuk menyiasati kekurangan air ini, kelompoknya membuat sumur bor dengan biaya secara swadaya. “Alhamdulillah langkah kami berhasil. Ini semua kesungguhan dari anggota kelompok sebagaimana yang diharapkan pemerintah pusat maupun daerah,” kata Illimuddin.

Selain itu pihaknya selalu berkoordinasi dengan P3A dan pemerintah daerah melalui dinas pertanian. “Prinsip kami, berupaya semaksimal mungkin. Apabila ada kendala yang tidak mampu kami tangani baru minta bantuan ke pemerintah daerah. Seperti kekurangan mesin penyedot, kami minta dan pemerintah menyambut dengan baik meski sifatnya meminjam,” ujarnya, seraya menambahkan untuk kebutuhan lain seperti pupuk dan obat-obatan, tidak ada kendala karena semua tersedia. (HEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Mahasiswa UTS Garap Potensi Desa Tolo’oi