PAN Kritisi Pagelaran Festival Budaya di Sumbawa

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (09/09/2017)

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa kini mulai menunjukkan potensi wilayahnya. Tidak hanya sumberdaya alamnya tapi juga keragaman budayanya. Untuk mempromosikan potensi itu sekaligus upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, sejumlah kecamatan ini menggelar Festival Budaya. Meski terlihat inovatif dan positif namun Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) mengkritisi event tersebut dengan memberikan sedikit catatan. Catatan itu disampaikan Jubir PAN, Hairil pada Rapat Paripurna DPRD Sumbawa terkait Raperda APBD-P 2017 belum lama ini.

amdal

Dalam pandangan Fraksi, PAN menghimbau Pemkab Sumbawa untuk melihat skala prioritas serta output yang dihasilkan dari maraknya event festival budaya di tingkat kecamatan bagi kemajuan pariwisata Sumbawa yang tentunya diharapkan mampu meningkatkan PAD. Ajang festival yang giat dilaksanakan saat ini dinilai PAN, belum mampu menjadi magnet yang menarik minat kunjungan wisatawan dari luar daerah.

Demikian dengan Festival Pesona Moyo yang bakal digelar beberapa hari kedepan. Menurut Fraksi PAN, hendaknya tidak menjadi agenda rutinitas belaka. PAN berharap ajang Festival Pesona Moyo mampu mengangkat daya jual pariwisata budaya Sumbawa yang kemudian menjadi event kalender wisata nasional. Di Festival Lombok-Sumbawa misalnya, Kabupaten Sumbawa terkadang hanya mendapatkan satu agenda pariwisata dari puluhan rangkaian acara yang menjadi destinasi. Seharusnya hal ini menjadi perhatian dari Dinas Pariwisata Sumbawa.

Di bagian lain pandangan fraksinya, PAN menyoroti kurangnya tenaga dokter dan mendorong dicarikan solusi sehingga masyarakat Sumbawa bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Kemudian masih ditemukannya dugaan pungli di bidang pendidikan. Fraksi PAN mendorong pemerintah daerah untuk segera melakukan reposisi jabatan baik di kalangan sekolah hingga kepala SKPD maupun SKPD-SKPD lainnya yang belum mampu bekerja maksimal. Terkait masih maraknya peredaran narkoba di Kabupaten Sumbawa, Pemkab Sumbawa diminta menyiapkan infrastruktur yang memadai dalam menopang kinerja BNN Kabupaten Sumbawa. Demikian dengan ancaman kekeringan yang melanda Sumbawa saat ini, harus ada langkah sehingga penanganan lebih komprehensif. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Program Kampung Sehat Dinilai Berhasil Tekan Penyebaran Covid di NTB