Fraksi Nasdem Sampaikan Banyak Permintaan

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (08/09/2017)

Banyaknya aspirasi masyarakat yang terserap membuat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sumbawa menyampaikan banyak permintaan kepada Pemerintahan Husni—Mo. Melalui fraksinya di DPRD Sumbawa pada Rapat Paripurna Raperda APBD-P 2017 belum lama ini, Nasdem meminta pemerintah daerah terus melakukan evaluasi terhadap perusahaan daerah seperti PDAM Batulanteh dan PERUSDA atas penyertaan modal yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Sebab kedua perusahaan milik daerah ini belum memiliki kewajiban memberikan kepada daerah atas laba penyertaan modal tersebut.

amdal

Selanjutnya Fraksi Nasdem mendukung penambahan insentif pemungutan pajak daerah, namun harus dibarengi dengan pola pelayanan yang cepat dan prima dari aparatur kepada masyarakat. Terhadap belanja modal untuk penyelesaian pembebasan tanah Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, pembebasan tanah pelebaran Jalan Garuda, pembebasan tanah Bendungan Beringin Sila dan pembebasan tanah Pasar Seketeng, Fraksi Nasdem meminta pemerintah daerah agar menyelesaikan semua proses di tingkat bawah, sehingga ketika pembayaran lahan tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Khusus pembebasan tanah Bendungan Beringin Sila, Fraksi Nasdem meminta penjelasan pemerintah daerah apakah sudah ada perencanaan dan penentuan harga tanah dengan melibatkan Tim Apraisal dan BPN sebagaimana diamanatkan undang-undang.

Fraksi Nasdem juga meminta pemerintah memberikan perhatian serius terkait pembangunan Jembatan Kerekeh Perung Kecamatan Unter Iwes untuk menjamin kemudahan akses transportasi dan mobilisasi masyarakat. Kemudian pengerjaan lanjutan hotmix dari Dusun Jorok Labuhan Bua Desa Pukat ke Dusun Rapan Desa Motong Kecamatan Utan. Pemerintah daerah diminta melakukan pemerataan sarana prasarana infrastruktur pendidikan dalam rangka menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Sumbawa. “Jangan sampai pembangunan sarana prasarana pendidikan fokusnya hanya di wilayah kota, sementara di wilayah-wilayah terpencil belum begitu terasa dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan kami meminta anggaran 20 persen dari APBD tetap dialokasikan untuk pendidikan,” ujar Jubir Fraksi, Edi Syarifuddin.

Baca Juga  Wabup Warning ASN Tidak Tambah Libur 

Di bagian lain, Fraksi Nasdem meminta pemerintah daerah untuk tidak mengasumsikan infrastruktur ruas jalan Lantung-Ropang, dan Lito–Bageloka sebagai jalan mantap, karena saat ini tingkat kerusakan jalan tersebut mencapai 40 persen. Untuk itu pemerintah daerah dapat mengevaluasi kembali program yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Begitu pula lanjutan ruas jalan Brang Rea – Sempe Kecamatan Moyo Hulu agar dapat dituntaskan. Selain itu perbaikan jalan hotmix Simpang Jalan Negara (SJN)–Labuhan Jontal Kecamatan Plampang.

Selanjutnya, Fraksi Nasdem meminta pemerintah daerah untuk terus memajukan pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan merevitalisasi objek wisata dan fasilitasnya, termasuk perbaikan infrastruktur menuju tempat wisata sehingga mudah diakses masyarakat. Misalnya jalan akses wisata Air Terjun Batewa Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu, Air Terjun Teba’murin dan tempat wisata lainnya.

Fraksi Nasdem meminta pemerintah daerah untuk serius memperhatikan kondisi sampah yang menumpuk di pinggir jalan negara baik di wilayah timur, tengah, barat dan selatan. Pemerintah daerah tidak hanya fokus membersihkan sampah di wilayah kota. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah armada truk pengangkut sampah di wilayah-wilayah kecamatan.

Fraksi Nasdem meminta perhatian serius pemerintah terhadap masih maraknya aktifitas nelayan yang menggunakan potasium dan bius juga pengeboman ikan di wilayah Perairan Teluk Saleh. Hal ini akan merusak biota laut dan mengganggu ekosistem laut. Pemerintah daerah diharapkan membangun pos terpadu dalam rangka pengamanan laut di wilayah perairan tersebut. (JEN/SR)

iklan bapenda