Dipanggil Jaksa, Kontraktor Bibit Bawang Utus Perwakilan

oleh -0 views
Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indrapraja SH
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (08/09/2017)

Pengumpulan data dan keterangan terkait laporan dugaan penyimpangan pengadaan bibit bawang merah di Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa terus digenjot pihak Kejaksaan. Setelah menghadirkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ir. Mukhlis, Ketua LSM Gempur Hamzah selaku pelapor dan Ketua Pokja 6 Layanan Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LBPJP) Setda Sumbawa Risma Yulia, kini giliran kontraktor pelaksana. Namun keinginan pihak Kejari Sumbawa untuk meminta klarifikasi direktur perusahaan pemenang tender bibit bawang senilai Rp 4,4 Milyar, tidak terpenuhi. Yang hadir justru perwakilan perusahaan, Fanni Fanani.

amdal

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indrapraja SH MH yang dikonfirmasi Jumat (8/9), mengakui hal itu. Ia sedikit kecewa karena perwakilan yang diutus tidak mengetahui apa-apa tentang proyek tersebut. Sebab menurut pengakuan perwakilan itu, hanya menyerahkan barang. “Kami akan kembali melayangkan undangan untuk menghadirkan Dirut, agar permasalahannya menjadi jelas,” kata Erwin—sapaan jaksa murah senyum ini.

Selain Direktur Perusahaan pemenang tender, pada hari yang sama sebenarnya Kadis Pertanian juga hadir. Tapi Tarunawan S.Sos SP masih tugas dinas keluar daerah. Demikian dengan Ketua Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) bersama anggotanya juga telah dipanggil. “Baik kadis maupun Ketua PPHP akan kami jadwalkan pemanggilan kembali,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, kasus pengadaan bibit bawang merah ini dilaksanakan pada Tahun 2017 ini. Proyek ini diduga bermasalah setelah tender proyek dimenangkan PT QPI. Menurut pelapor, dalam proses lelangnya sejumlah pihak pernah mengajukan surat terkait perusahaan ini karena diduga tidak melampirkan tanda daftar perusahaan di Menkumham. Perusahaan tersebut hanya meng-upload akta notaries sehingga diduga rentan dengan tindakan manipulatif. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Maling di Komplek Ruko Mandalika Dibekuk