Kementerian Kominfo Siap Tuntaskan Daerah Blank Spot di KSB

oleh -1 views
Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (07/09/2017)

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang akan didorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membangun jaringan digital marketing. Hal ini diungkapkan Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, Dr. Ir. Lala M. Kolopaking saat bertemu dengan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, Kamis (7/9) tadi. Pertemuan di ruang kerja Bupati ini juga dihadiri Wakil Bupati, Fud Syaifuddin ST, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs Burhanuddin MM dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Pemukiman (PUPRPP), Amar Nurmansyah, ST., M.Si.

Program pembangunan digital marketing di Indonesia sasarannya adalah pada daerah tertinggal, terdepan dan terluar. Upaya mendukung informasi dan komunikasi ini akan dilaksanakan di 17 Kabupaten, 8 Provinsi dan 45 Komunitas. ‘’Literasinya digital berbasis komunikasi. Yakni memfasilitasi masyarakat untuk bisa memasarkan produk unggulannya ke market yang utamanya adalah luar negeri,” kata Dr. Ir. Lala M. Kolopaking.

Kementerian Kominfo telah bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam upaya memberikan pengetahuan digital marketing ini. Selain aplikasi, konsep dan trik dalam marketing pun diberikan. Untuk market, Kemenkominfo telah bekerjasama dengan Cina dan Australia. ‘’Untuk NTB lebih didorong ke Australia karena lebih dekat,” ungkapnya.

Ia pun akan mengomunikasikan ke Kementerian untuk memasang jaringan komunikasi di KSB. Terlebih masih ada daerah di KSB yang blank spot. Namun selain jaringan atau infrastruktur, adalah kesiapan masyarakat dan keunggulan produk daerah yang akan dipasarkan. Karenanya melalui pelatihan digital marketing diharapkan peserta di KSB yang ikut bisa siap, bukan hanya memasarkan produk unggulan. Namun juga bisa mengemasnya dengan pariwisata.

Baca Juga  Proyek Revitalisasi Stadion Cendrawasih Ditolak Bupati

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M menyambut baik rencana ini. Presiden Joko Widodo memang terus merumuskan perubahan dengan basis teknologi informasi. Tentunya hal ini harus direspon, termasuk juga oleh orang tua, karena anak-anak sangat cepat mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Kepala Dinas Kominfo KSB, Drs. Burhanuddin, M.M dalam laporannya, menyebutkan kegiatan pelatihan digital marketing diikuti antusias oleh peserta di KSB. Kegiatan dilaksanakan terbagi di kecamatan, mulai dari Kecamatan Taliwang, Poto Tano dan dua hari lagi (Jumat dan Sabtu) akan berakhir di Kecamatan Jereweh. ‘’Kami memiliki blank spot di tujuh desa, semoga ini diprioritaskan untuk dituntaskan, termasuk ada 40 lokasi yang jaringan data selulernya lamban. Daerah-daerah ini memiliki potensi pertanian dan perkebunan serta pariwisata yang baik,” ungkapnya. (HEN/SR)

 

iklan bapenda