Majukan Sektor Pertanian, Sumbawa Ujicoba Program “Jarwo Super”

oleh -10 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (05/09/2017)

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa tetap berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Sumbawa pada umumnya. Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah di Provinsi NTB yang memiliki potensi pertanian yang luas yaitu meliputi luas baku lahan sawah 56.191 Ha, dan luas baku lahan bukan sawah 114.566 Ha. “Produksi padi di Kabupaten Sumbawa terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga Kabupaten Sumbawa tetap menjadi salah satu lumbung beras yang menopang keberlanjutan program ketahanan pangan secara nasional,” jelas Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Drs. H. Muhammading, M.Si pada kegiatan Panen dan Temu Lapang Petani di Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir, Selasa (5/9).

amdal

Semakin bertambahnya populasi manusia dan alih fungsi lahan serta isu global warming, ungkapnya, menuntut pemerintah untuk terus melakukan upaya-upaya intensifikasi maupun ekstensifikasi pertanian dalam rangka mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pangan dari tahun ke tahun. Upaya tersebut optimis dapat direalisasikan karena tersedianya berbagai inovasi dan teknologi hasil penelitian, terutama yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Sementara Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB, Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar MP, menjelaskan tujuan penyelenggaraan panen dan temu lapang petani tersebut untuk menyampaikan informasi dan memperlihatkan keragaman teknologi Jajar Legowo (Jarwo) Super yang berpotensi untuk dikembangkan secara luas di Kabupaten Sumbawa. Untuk pengembangan program Jarwo Super tersebut dilakukan ujicoba di lahan seluas 10 ribu hektar di seluruh Indonesia, di mana Kabupaten Sumbawa mendapat jatah ujicoba seluas 281 hektar. Dari ujicoba yang telah dilaksanakan di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Sumbawa, terbukti mampu meningkatkan produksi padi rata rata empat ton per hektar. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  PTNNT Bantah Buang Limbah ke Laut