Mahasiswa UNSA Fasilitasi Warga Pelat Urus Dokumen Pendudukan

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (04/09/2017)

Masyarakat di Dusun Brang Pelat, Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwis, mendapat kemudahan dalam pengurusan administrasi kependudukan. Sebab untuk mendapatkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran dan Akta Kematian ini, warga setempat difasilitasi mahasiswa Universitas Samawa (UNSA) yang tergabung dalam Kelompok KKL Angkatan XIX Tahun 2017. Selain itu mereka melakukan sosialisasi bertema “Tertib Administrasi Kependudukan”.

amdal

Kepala Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Dra Nurhadiatullah menyampaikan bahwa administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan sipil, pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan serta Pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik. Karena itu menurut pejabat ramah ini, setiap masyarakat berkewajiban memiliki identitas diri yang dilakukan dengan perekaman melalui Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran dan lainnya. Untuk perekaman identitas tersebut sangat mudah yaitu dapat dilakukan secara langsung di kantor Capil dengan membawa dokumen yang sudah disiapkan oleh pemerintahan desa ataupun melalui kegiatan perekaman yang diselenggarakan di lokasi secara langsung sebagaimana terhadap warga Dusun Brang Pelat

Sementara Kadus Brang Pelat, Heri Hermansah menyampaikan terima kasih atas hasil kerjasama mahasiswa KKL UNSA dengan Disdukcapil Sumbawa. Kegiatan ini dilatarbelakangi hasil survey mahasiswa bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan. “Ada sekitar puluhan warga kami masih belum memiliki KK, KTP maupun akta kelahiran,” sebutnya. Dengan adanya kerjasama yang ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan dari tim Disdukcapil,  warganya mendapat kemudahan dalam mendapatkan administrasi kependudukan.

Baca Juga  Bunda PAUD Bacakan Buku Cerita untuk Anak Usia Dini

Ditemui terpisah, Pembimbing KKL Angkatan XIX, Ana Merdekawaty, S.Pd., MM, menjelaskan bahwa sosialisasi dan perekaman ini merupakan program unggulan kelompok KKL UNSA di Brang Pelat. Melalui program ini diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pembuatan KK, KTP dan Akta Kelahiran. Selain sosialisasi, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelayanan perekaman KTP elektronik (E-KTP). Hal ini disambut antusias masyarakat terutama yang belum memiliki KTP. “Kami yakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi bagaimana pentingnya memiliki identitas diri. Ada juga stigma di masyarakat bila mengurus dokumen kependudukan prosesnya sulit, biaya tinggi dan birokrasinya bertele-tele. Jadi kami fasilitasi warga dengan cara mendatangkan pihak Dukcapil untuk memberikan pelayanan langsung di lapangan,” jelas Dosen Prodi Ekonomi ini, seraya berharap kegiatan KKL UNSA ini bermanfaat bagi masyarakat termasuk pemerintah dalam mengidentifikasi warganya yang belum terdata secara administrasi kependudukan. (*)

iklan bapenda