BRI Sumbawa Salurkan Bantuan PKH Capai 98 Persen

oleh -0 views
Pemimpin Cabang BRI Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/09/2017)

BRI Kantor Cabang Sumbawa Besar bertanggung jawab menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH) di dua kabupaten, yakni Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Sejak 22 Juni 2017 hingga 31 Agustus ini, dana yang tersalurkan di Kabupaten Sumbawa sudah mencapai 98% dengan total bantuan Rp 11 Milyar lebih dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mencapai 97% dengan total 1,5 Milyar lebih.

Pemimpin Cabang BRI Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya kepada SAMAWAREA, Jumat (1/9) menyebutkan, bantuan itu disalurkan melalui Kantor BRI KCP Alas, KCP Taliwang, BRI Unit Sumbawa Kota I, Unit Sumbawa Kota II, Unit Seketeng, Unit Labuhan, Unit Utan, Unit Langam, Unit Alas, Unit Plampang, Unit Empang, Unit Lunyuk, Unit Seteluk, Unit Taliwang dan Unit Maluk. Sejumlah KCP dan unit BRI ini melayani lebih dari 15 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 29 kecamatan di dua kabupaten tersebut.

Selain melakukan pembagian di Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Unit BRI, BRI bersama Pendamping PKH Dinas Sosial juga melakukan penyaluran PKH dengan mendatangi langsung daerah-daerah yang terisolir, seperti Desa Tepal dan Baturotok yang berada di Kecamatan Batulanteh. “Kami menerapkan sistim jemput bola. Penyaluran bantuan tidak bertumpu pada unit kerja Bank BRI saja, namun petugas dari BRI beserta pendamping PKH langsung turun ke desa-desa dengan membawa segala perlengkapan demi tercapainya penyaluran bantuan PKH kepada KPM yang ada di daerah terisolir yang memiliki keterbatasan akses,” kata Pandu—sapaan bankir muda ini.

Baca Juga  Sumbawa dan Bima Tuntaskan Persoalan Bangsa

Karenanya Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dalam penyaluran PKH, terutama Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat serta para Pendamping PKH di dua daerah ini. Diharapkan ke depan kerjasama dalam penyaluran bantuan Sosial Tunai dan Non Tunai dapat lebih ditingkatkan dan kekurangan-kekurangan dalam melakukan penyaluran bantuan akan diperbaiki bersama.

Lebih jauh dijelaskan Pandu, penyaluran PKH ini merupakan kerjasama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan Menteri Sosial Republik Indonesia. Program ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada tahun 2016 lalu. Penyaluran PKH oleh pemerintah melalui BRI agar lebih tepat guna dan tepat sasaran. Selain itu BRI dapat mengedukasi nasabah untuk menabung dan menggunakan uang seperlunya. Dengan mendekatkan akses perbankan ke masyarakat kelas bawah, BRI berperan meningkatkan inklusi keuangan di tengah masyarakat. “Ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen BRI untuk menyukseskan program–program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, serta meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat,” jelas Pandu, seraya menambahkan bahwa selain mendukung Kementerian Sosial untuk penyaluran bantuan sosial, Bank BRI juga meneruskan kerjasama serupa yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) menggunakan kartu.

Penyaluran Dana PKH

Untuk diketahui, BRI Cabang Sumbawa merupakan bank terbesar di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Saat ini BRI Sumbawa memiliki 1 kantor cabang, 2 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 13 BRI Unit, 11 Teras BRI, 2 Teras Keliling, 1 Kantor Kas serta 210 Agen BRI-link. Selain itu BRI memiliki beragam produk seperti produk simpanan berupa Giro, Tabungan dan Deposito. BRI Sumbawa juga menyediakan fasilitas pinjaman baik untuk Skim Kredit Mikro, Ritel, dan Menengah. BRI menyediakan layanan E-Banking meliputi SMS Bangking, Internet Banking, dan fasilitas layanan lainnya untuk memberikan kemudahan nasabah bertransaksi. Untuk meningkatkan kualitas layanan khususnya di jaringan, BRI telah memiliki satelit dengan nama BRISAT untuk mendukung operasional BRI yang memiliki jaringan yang sangat luas, terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia. (JEN/SR)

iklan bapenda