Aswindo Puji Panitia Sail Indonesia 2017 di Kabupaten Sumbawa

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (31/08/2017)

“Saat ini kami sedang berada di Sumbawa, mendampingi yachter dari berbagai mancanegara dengan destin point masuk dari Kupang,” tutur Humphry Sinyal, Kabid Yacht Rally Asosiasi Wisata Layar Indonesia (Aswindo) memulai wawancara dengan awak media di lokasi Dermaga Pantai Goa setelah welcome ceremony oleh Wakil Bupati Sumbawa, Rabu (30/8) kemarin.

Didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ir. H. Junaidi, M.Si dan Kepala Dinas Perhubungan Ir. Mukmin, M.Si, Humphry mengatakan bahwa Kabupaten Sumbawa merupakan yang pertamakali dimasukkan dalam destinasi kunjungan para yachter mancanegara Sail Indonesia sesudah Labuhan Bajo. Selanjutnya Humphry menguraikan bahwa perjalanan yachter masuk mulai dari Kupang, terus ke Wini, Timur Tengah Utara, Alor, Labuhan Bajo, lalu ke Komodo. Dari Komodo menuju Sumbawa Besar. “Kalau dilihat dari penyambutan kami nilai sangat baik dibandingkan daerah-daerah lain. Sumbawa Besar sangat bagus dalam penerimaan,” puji Humphry.

Humphry Sinyal, Kabid Yacht Rally Asosiasi Wisata Layar Indonesia (Aswindo) didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ir. H. Junaidi, M.Si dan Kepala Dinas Perhubungan Ir. Mukmin, M.Si, saat diwawancarai Indra Jauhari Arsyad–wartawan Suara NTB Biro Sumbawa.

Salah satu masukan dari Kabid Yacht Rally Aswindo ini adalah agar Dinas Perhubungan bersama instansi terkait memasang mooring buoy untuk kenyamanan para yachter jika tahun depan Kabupaten Sumbawa ditetapkan sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2018. Selain itu juga diharapkan agar di Sumbawa Besar juga dapat dilakukan perpanjangan visa, sehingga para yachter merasa nyaman untuk memperpanjang visanya. Terkait dengan hal ini, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata menyampaikan bahwa hal tersebut dapat dilakukan di Sumbawa Besar mengingat adanya Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa Besar. “Untuk tahun depan, Sumbawa Besar kami tidak memasukkan lagi kepada stop poin tetapi menjadi tujuan, terlebih adanya pelayanan perpanjangan visa di Sumbawa Besar,” ujar Humphry.

Baca Juga  RS Surya Medika dan PDM Sumbawa Bantu Ringankan Beban Keluarga Almarhum Hariono

Keberadaan para yachter ini juga akan menentukan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbawa Besar baik secara pribadi, kelompok maupun dengan cruise atau kapal pesiar. Para yachter ini secara tidak langsung akan menjadi tim promosi bagi pariwisata Kabupaten Sumbawa. “Kami dari Aswindo merasa puas, sebagaimana disampaikan dalam testimony Mrs Jacquiline tadi bahwa di Sumbawa Besar sangat friendly, sangat bersahabat, good organize. Ini tentu menjadi poin bagi Sumbawa Besar untuk mengembangkan sector kepariwisataannya,” imbuhnya.

Keberadaan Media Center Integrated Services Center (ISC) juga mendapat apresiasi dari Kabid Yacht Rally Aswindo ini. ISC akan menciptakan kemudahan layanan antar instansi yang mampu menciptakan kenyamanan bagi wisatawan dengan berbagai fungsi yang diwadahi dalam satu atap atau dalam satu organize. Syahbandar, Imigrasi, Karantina, Bea Cukai, Security, Money Changer, Pertamina, Tour Guide dan lainnya menjadi satu kesatuan yang mencerminkan layanan kepariwisataan yang berkualitas. “Penting untuk selalu menjadi pegangan para pelaku wisata di Sumbawa Besar, bahwa pilar pariwisata antara lain keamanan, kenyamanan, kemudahan, keramah-tamahan. Dan keempat pilar itu sudah dirasakan oleh para yachter sekarang,” pungkas Humphry. (JEN/SR)

iklan bapenda