SAKA World Championship Dimulai, Bupati Minta Jaga Citra Sumbawa

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (29/08/2017)

Bupati Sumbawa melalui Asisten I Setda Sumbawa, DR. M. Ikhsan mengatakan, barapan kebo merupakan tradisi masyarakat Sumbawa. Tradisi ini telah lama tumbuh dan berkembang. Tradisi ini dilaksanakan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur masyarakat Sumbawa. Kegiatan ini dilaksanakan setelah panen atau saat masuknya musim tanam. ‘’Kehidupan masyarakat Sumbawa dari dulu hingga sekarang sangat erat dengan ternak kerbau. Hal ini terlihat dari fungsi dan peranan kerbau dalam kehidupan kita masyarakat Sumbawa. Misalnya sebagai sarana untuk mengolah lahan pertanian, tabungan keluarga, untuk kebutuhan sosial keagamaan seperti pergi haji, pesta perkawinan dan sumber biaya pendidikan,” kata Doktor Ikhsan saat membuka secara resmi Kejuaraan Dunia Barapan Kebo atau “SAKA” Buffalo Race World Championship, di Sirkuit Sumer Payung, Desa Labuhan Sumbawa, Selasa (29/8).

amdal

Hingga kini lanjutnya, perkembangan peternakan di Kabupaten Sumbawa kondisinya cukup menggembirakan, baik dari aspek perkembangan populasi yang masih terkendali maupun peningkatan produksi dan produktivitas ternaknya. Apalagi dengan sering dilaksanakannya kontes ternak termasuk Barapan Kebo, semakin mendorong para peternak untuk mengembangkan populasi dan kualitas ternak.

Mengingat saat ini Sumbawa sedang kedatangan tamu dari Sail Indonesia 2017, diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu keunikan yang memikat tamu. Sehingga di kemudian hari mereka berminat untuk kembali ke Sumbawa. Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa mempertahankan citra Kabupaten Sumbawa yang dikenal nyaman, aman, tertib, serta ciri khas masyarakatnya yang ramah dan bersahabat. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Pisang Berjantung Tiga Hebohkan Warga Sepakat