Diinisiasi Kodim 1607, BRI Sumbawa Bangun 10 MCK

oleh -11 views
Pemimpin BRI Cabang Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya didampingi Dandim 1607, Letkol (ARM) Sumanto S.Sos, menyerahkan secara simbolis bantuan jamban ini kepada Hasyim salah seorang warga RT 03 RW 03 Dusun Karabng Jati
bankntb

Dukung Program Sejuta Jamban

SUMBAWA BESAR, SR (29/08/2017)

amdal

Bank BRI Cabang Sumbawa terus memberikan konstribusinya bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Sumbawa. Kali ini melalui program “Sejuta Jamban” yang diinisiasi Kodim 1607 Sumbawa, BRI membangun sedikitnya 10 jamban untuk masyarakat Pra Sejahtera. Bantuan jamban ini tersebar di Kecamatan Moyo Hilir, Moyo Hulu dan Kota Sumbawa. Bertempat di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir, Selasa (29/8) pagi tadi, Pemimpin BRI Cabang Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya didampingi Dandim 1607, Letkol (ARM) Sumanto S.Sos, menyerahkan secara simbolis bantuan jamban ini kepada Hasyim salah seorang warga RT 03 RW 03 Dusun Karang Jati. Penyerahan bantuan jamban yang ditandai pengguntingan pita tersebut disaksikan Camat Moyo Hilir Darwin S.Sos, Kades Serading, Burhanuddin B, Koramil Moyo Hilir, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa serta dihadiri sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Pemimpin BRI Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya bersama Dandim 1607, Letkol (ARM) Sumanto S.Sos dan Camat Moyo Hilir, Darwin S.Sos

Dalam sambutannya, Dandim 1607 Sumbawa, Letkol (ARM) Sumanto S.Sos, mengatakan, bantuan jamban ini sebagai salah satu bentuk karya bhakti dan komitmen TNI yang ingin selalu dekat dengan masyarakat. Untuk diketahui, Kodim di seluruh Indonesia diminta sumbangsihnya dalam program “Sejuta Jamban” yang digulirkan Mabes TNI. Untuk Tahun 2017 ini, Kodim 1607 ditargetkan 415 jamban (MCK). Terhadap hal ini pihaknya memanfaatkan dunia usaha terutama yang memiliki Program CSR (Corporate Social Responsibility)  untuk mendukung program tersebut sebagai upaya membantu masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Sumbawa. Karenanya ia menyampaikan terima kasih kepada BRI Cabang Sumbawa yang mengawali program ini dengan membantu membangun 10 jamban (MCK). BRI telah banyak berkonstribusi bagi masyarakat Sumbawa. Sebab setiap kegiatan social yang dilaksanakan Kodim selalu disupport bank kebanggaan masyarakat Sumbawa tersebut. “Hari ini kita menyerahkan salah satu MCK kepada masyarakat di Desa Serading Moyo Hilir. Ini bentuk kerjasama BRI dan Kodim 1607 Sumbawa,” kata Dandim Sumanto di hadapan masyarakat.

Baca Juga  Gubernur Zul Paparkan Pembangunan Pariwisata NTB di Bali

Harapan ke depan, semua perusahaan yang memiliki CSR dapat terus berkonstribusi, karena dia meyakini masih banyak masyarakat yang belum memiliki MCK dan selama ini BAB di sungai dan laut, bahkan daratan seperti kebun. “Dengan bantuan ini kita ingin memanusiakan masyarakat kita dan mengangkat derajat kesehatannya sehingga dapat tercipta pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim Sumanto menyampaikan informasi bahwa Tahun 2016 lalu, Kodim 1607 Sumbawa membangun 130 MCK yang tersebar di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Bantuan itu berasal dari PGN (Perusahaan Gas Nasional) 100 MCK dan PT Sumbawa Juta Raya (SJR) 30 MCK. Tentunya perusahaan lain dapat mengikuti jejak BRI dan dua perusahaan tersebut, untuk peduli dengan masyarakat dan pembangunan di daerah ini.

Di tempat yang sama, Pemimpin BRI Cabang Sumbawa, Raden Pandu Bagja Sumawijaya mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan program CSR sebagai bentuk dukungan terhadap program bantuan jamban (MCK) yang diinisiasi Dandim 1607 Sumbawa. Ia menyatakan salut kepada TNI memberikan kepedulian yang tinggi kepada masyarakat terutama dari kalangan tidak mampu. Sudah banyak konstribusi BRI tidak hanya di Sumbawa tapi di seluruh daerah di Indonesia. Ini mengingat BRI merupakan perusahaan nasional. Belum lama ini BRI memberikan bantuan CSR dalam bentuk mobil ambulance di Kabupaten Kalabahi Nusa Tenggara Timur. Kemudian untuk program jamban ini banyak yang sudah kita laksanakan di daerah lain, seperti di Lombok dan sekarang di Sumbawa.

Baca Juga  Berpotensi Covid, 6.922 Warga NTB Dalam Pemantauan
Foto bersama masyarakat Dusun Karang Jati Desa Serading

Konstribusi BRI tidak akan berhenti, karena merupakan kewajiban perusahaan nasional untuk selalu menyisihkan keuntungannya dalam membantu masyarakat Indonesia terutama Kabupaten Sumbawa. Hal tersebut sesuai dengan tagline BRI “BUMN Melayani untuk Negeri”. “Semoga kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini. Harapan saya akan terus ada lagi CSR yang bisa diinisiasi guna mengangkat taraf hidup masyarakat dan memperbaiki kesehatan yang ada di Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Sebelumnya Camat Moyo Hilir, Darwin S.Sos menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BRI dan Dandim 1607 Sumbawa yang memilih wilayahnya untuk melaksanakan program social dalam membantu masyarakatnya. Ia berharap Program Sejuta Jamban ini terus bergulir karena masih banyak warga yang membutuhkannya. “Kami ingin menggugah pihak-pihak lainnya yang memiliki program CSR, dapat mengikuti jejak BRI. Terima kasih BRI dan terima kasih Dandim 1607 Sumbawa. Insyaa Allah dengan bantuan ini, dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat kami,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

iklan bapenda