Wisman Peserta Sail Indonesia 2017 Mulai Berdatangan

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (29/08/2017)

Dermaga Pantai Goa, Desa Karang Dima, Kecamatan Badas, Kabupaten ditetapkan menjadi blue point tempat menyandarnya para peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017. Lokasi ini juga ditetapkan sebagai media center Pusat Pelayanan Terpadu (Integrated Services Center/ISC) yang berfungsi memberikan pelayanan informasi dan administrasi bagi wisatawan mancanegara peserta International Rally Yacht 2017.

amdal

Sekitar 4 yacht sudah mulai berlabuh di Perairan Badas Kabupaten Sumbawa, Senin (28/8) kemarin. Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Muhammading, M.Si langsung menyambut kedatangan wisman dari yacht berbendera Kanada dan Prancis. “Welcome to Sumbawa, Sumbawa is very good,” ucap Haji Ading—panggilan singkat staf ahli ini menyapa para Wisman.

Selanjutnya para Wisman yang didampingi tour guide dari Adventurous Sumbawa langsung memandu para wisman melakukan registrasi yang telah disediakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Sumbawa dalam bentuk layanan terpadu satu atap. Dimulai dari desk layanan Karantina Pertanian, dilanjutkan dengan Imigrasi, dan Bea Cukai. Karantina Kesehatan Pelabuhan juga hadir untuk memberikan layanan kesehatan jika dibutuhkan. Demikian Syahbandar dan Otorita Pelabuhan Badas serta pemberian informasi wisata (tourism information) oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dibantu tour guide Adventurous Sumbawa.

Untuk pelayanan keamanan di sekitar Perairan Badas dan sekitarnya selama Wisman singgah di Sumbawa hingga 31 Agustus sebelum melanjutkan pelayaran ke Sabang Nangroe Aceh Darussalam (NAD), melibatkan aparat TNI, Polri, Pol PP dan aparat Kecamatan Labuan Badas, serta Pengawas Kelautan, dan Basarnas NTB. “Ini adalah momen yang sangat berharga bagi upaya promosi potensi pariwisata dan budaya Kabupaten Sumbawa ke dunia internasional,” ujar Haji Ading.

Baca Juga  Lahirkan SDM Handal, ULP Sumbawa Dibina LKPP RI

Dengan adanya sinergi pelayanan yang terpadu antar instansi, Ia berharap dapat memberikan dampak bagi kepuasan wisatawan asing ke daerah ini, sehingga muaranya para wisman turut mempromosikan pariwisata Kabupaten Sumbawa di negaranya atau tempat yang dikunjunginya.

Di tempat yang sama Kadis Kominfotik Sumbawa diwakili Sekretaris Dinas Rachman Ansori, M.SE menyampaikan bahwa pembentukan Integrated Services Center atau Pusat Layanan Terpadu merupakan salah satu bentuk media center yang disediakan khusus mewadahi berbagai fungsi layanan orang asing atau wisatawan asing khususnya para peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017 yang singgah di Kabupaten Sumbawa.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, M. Irfan, MM menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa agenda event budaya dan atraksi wisata yang akan disuguhkan kepada para wisman peserta International Rally Yacht Sail Indonesia 2017. “Untuk hari pertama ini, para wisman akan dipandu untuk menikmati city tour mengunjungi heritage Moseum dan Istana Dalam Loka, kemudian diajak menikmati pembukaan Festival Moyo Utara di Sebewe,” demikian Ipun sapaan akrab birokrat muda ini. (JEN/SR)

 

iklan bapenda