Manager BUMDes Dibintek untuk Sukseskan Program KERABAT

oleh -20 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (25/08/2017)

Sebanyak 75 orang Manager BUMDes dari 10 kecamatan di Kabupaten Sumbawa mengikuti pertemuan di Kantor Bupati tepatnya Aula Lantai III, kemarin. Mereka diminta untuk mendukung suksesnya Program KERABAT yang menjadi salah satu unggulan pemerintahan Husni—Mo.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt dalam sambutannya berharap BUMDes bisa melangkah membangun perekonomian masyarakat melalui alokasi dana KERABAT. Sebab selama ini masyarakat aksesibilitas masyarakat ke dunia perbankan sangat sulit guna mendukung pengembangan usahanya. Karenanya keberadaan BUMDes sebagai lembaga keuangan mikro meretas persoalan ini. Selain itu BUMDes diminta melakukan terobosan-terobosan serta memberikan kemudahan bagi pengusaha mikro sebagai bentuk pemerataan keadilan bagi seluruh masyarakat. “Tidak mungkin ada peningkatan kesejahteraan, apabila ekonomi tidak tumbuh, terutama koperasi dan usaha mikro,” jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Ekonomi Setda Sumbawa, Drs. Irawan Subekti melaporkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan informasi mengenai kebijakan, dan tatacara tentang Perijinan Lembaga Keuangan Mikro, sekaligus membina lembaga tersebut sebagaimana amanat peraturan OJK nomor 14/POJK.05/2014, tentang pembinaan dan pengawasan lembaga keuangan Mikro. Karenanya Pemerintah Kabupaten Sumbawa meluncurkan Program Kredit Sahabat (KERABAT) adalah program desa bebas rentenir. “BUMDes hakekatnya untuk memperkuat perekonomian di desa. Saat ini BUMDes masih bayi perlu bimbingan salah satunya melalui kegiatan ini agar peserta dapat memahami tentang lembaga keuangan mikro,” pungkasnya. (BUR/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  KSB Dapat Bantuan Pengembangan Jagung 10.000 Hektar