459 Mahasiswa Baru UNSA Ikuti PKKMB

oleh -84 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (25/08/2017)

Sebanyak 459 mahasiswa baru Universitas Samawa (UNSA) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dulu dikenal dengan sebutan Opspek. Kegiatan itu berlangsung selama 4 hari, 24 hingga 26 Agustus 2017.

Koordinator PKKMB UNSA, Jhon Kenedy M.Pd menjelaskan kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan, serta mengakselerasi calon mahasiswa dalam proses transisi menjadi mahasiswa setelah dikukuhkan oleh perguruan. Dengan tema kegiatan “Melalui PKKMB UNSA Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Menuju Kampus Besar 2022” diharapkan calon mahasiswa dapat memahami tentang sistem pendidikan perguruan tinggi

Warek I UNSA, Dr. Sutama, MM

Jhon Kenedy yang juga Dosen FKIP UNSA ini menyebutkan, kegiatan itu diawali dengan petunjuk tehnis, pemberian materi selama tiga hari. Adapun materi terpenting adalah tentang sistem pendidikan, akademik, kemahasiswaan, serta kebijakan-kebijakan kampus. Selain itu, lembaga juga mengundang para pemateri dari eksternal kampus seperti Polres, Kodim 1607, dan BNN Kabupaten Sumbawa di samping pemateri internal oleh sejumlah dosen beberapa fakultas. Dengan materi yang diperoleh, mahasiswa akan sadar dan paham dengan wawasan kebangsaan, bela negara, penanggulangan radikalisme, serta pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba. Mahasiswa juga akan memperoleh kemampuan tentang berorganisasi, mengingat kampus setempat memiliki beberapa organisasi. Dan terakhir pihak lembaga selaku pelaksana akan menyerahkan para calon mahasiswa kepada masing–masing fakultas dan Prodi untuk melaksanakan Opspek dengan mengundang para alumni untuk menyampaikan kiat–kiat sukses. Kegiatan ini ditutup dengan malam inagurasi. “Kegiatan lainnya yakni melaksanakan donor darah kerjasama dengan PMI Cabang Sumbawa untuk seluruh civitas akademika di UNSA, sebagai rasa sosial dan sumbangsih untuk sesame,” imbuhnya.

Baca Juga  PAUD TAAMASA Gelar Seminar Pendidikan dan Kesehatan

Untuk diketahui, pelaksanaan PKKMB berbeda dengan Opspek. Saat masih disebut Opspek, kegiatannya kurang terkontrol dan dilaksanakan BEM Kampus. Sekarang di bawah kendali lembaga kampus sehingga dapat terkontrol dengan baik, tidak ada lagi perpeloncoan, karena output yang diharapkan dari kegiatan ini agar mahasiswa mampu mengenal kampusnya, almamaternya, serta memiliki jiwa kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Sebanyak 459 mahasiswa yang mengikuti PKKBM. Mereka lulus seleksi dari 600-an mahasiswa yang mendaftar dan tersebar di 7 Fakultas dan 16 Prodi. Melihat jumlah calon mahasiswa, ada peningkatan dari tahun ke tahun lantaran ada penambahan fakultas dan prodi serta peningkatan sebaran mahasiswa yang berasal dari luar daerah untuk mengenyam pendidikan di UNSA. Bahkan ada yang berasal dari NTT, KSB, dan Pulau Jawa. Sebelumnya, kegiatan PKKMB UNSA dibuka secara resmi oleh Rektor UNSA diwakili Warek I, Dr. Sutama, MM. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *